Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Wednesday, December 14, 2016

Cara membuat group user di Ubuntu Server lewat terminal


Tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat group di Ubuntu Server, jika di Ubuntu Desktop kita bisa menggunakan antarmuka manajemen user tinggal klik dan klik, maka di Ubuntu server semua dilakukan menggunakan terminal.

Perlu anda ketahui jika kita membuat sebuah user baru di dalam terminal, maka secara otomatis, system juga akan membuat grup baru dengan nama user tersebut. 

Silakan baca:


Contohnya ketika saya membuat user baru dengan nama john, maka di system juga akan terbuat user dan group dengan nama john.

Fungsi grup tersebut ada kaitannya dengan hak akses suatu file atau folder di dalam system.

Lalu bagaimana jika kita ingin membuat sebuah grup tanpa harus membuat user pada system?

Berikut tutorialnya, misalnya saja saya ingin membuat sebuah grup di dalam system dengan nama subversion, grup subervsion tersebut nanti berfungsi untuk menampung data project yang dilayani oleh server svn. maka saya tinggal menjalankan perintah:

sudo addgroup subversion

hasilnya adalah seperti berikut:


dari tampilan di atas, maka terbuat sebuah group user dengan nama subversion dengan Group ID 1001.

jika berhasil, maka group tersebut akan terdaftar di file /etc/group di bagian bawah sendiri,  saya aka mencoba melihat apakah benar group subversion sudah tercatat di file /etc/group dengan perintah:

sudo tail /etc/group

maka hasilnya akan terlihat seperti berikut:


anda bisa melihat di bawah sendiri bahwa terdapat group subversion, tetapi belum ada satupun user yang terdaftar di dalam group tersebut. Pada tutorial selanjutnya saya akan membahas bagaimana caranya mendaftarkan user yang ada ke dalam group yang telah di buat. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.

2 comments:

Arif Santoso said...

cara hapus grup nya gmna?

Himawan Mahardianto said...

Cara menghapus grup ada di link ini: http ://www.newbienote.com/2016/12/cara-menghapus-group-user-di-ubuntu.html