Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Wednesday, September 28, 2016

Cara menambahkan page number di LibreOffice Writer


Melalui tutorial ini, saya ingin berbagi pengetahuan tentang cara memberikan page number atau halaman page pada halaman kerja LibreOffice Writer. Bagi pengguna yang belum tahu apa itu Libre Office, aplikasi ini adalah alternatif aplikasi Microsoft Office (bahasa kerennya word processing application) yang free (gratis) dan bersifat open source. Aplikasi ini bisa berjalan atau diinstall di multi platform, seperti di MacOS milik Apple, berbagai distro Linux dan Windows. Langsung saja saya akan menjelaskan bagaimana caranya menambahkan page number di suatu halaman kerja di Libre Office Writer (alternatif Microsoft Word). Sebagai informasi, saya menggunakan Libre Office Writer versi 5.1 yang diinstall di Ubuntu 16.04 LTS Desktop:

Pertama silakan buka aplikasi Libre Office Writer, lalu pilih menu:

File → New → text document  

seperti yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


kemudian akan tertampil halaman kerja seperti gambar di bawah ini:

 


disini saya ingin menambahkan page number yang nantinya berlokasi di pojok kanan bawah halaman. Untuk memulai menambahkan page number di pojok kanan bawah halaman saya akan insert footer terlebih dahulu dengan memilih menu:

Insert → Header and Footer → Footer → Default Style

seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

 
 
kemudian akan terbuat sebuah footer di bawah halaman, kemudian untuk mengarahkan di page number di pojok kanan bawah, maka langkah selanjutnya adalah memformat menggunakan menu:
Format → Align → Right

Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

 

Setelah itu masukkan page number pada halaman denganmemilih menu:


Insert → Page Number
seperti pada gambar di bawah ini:




 
maka akan terlihat hasilnya seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:



 


Disitu terlihat page number 1, jika anda bikin halaman baru, maka akan terbuat juga page number 2  di pojok kanan bawah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

 
  


Mudah bukan, menambahkan page number di aplikasi LibreOffice Writer, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: