Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Tuesday, January 26, 2016

Shortcut link di Ubuntu Server dan Ubuntu Dekstop - Perintah Dasar Linux


Temen-temen pasti pernah mengakses atau membuat shortcut di Windows, kalau di Linux dikenal dengan nama link. Bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkahnya:

Jika di Ubuntu desktop, anda tinggal menekan klik kanan pada mouse setelah memilih file atau folder yang akan dibuat shortcut seperti pada gambar di bawah ini:


Silakan pilih opsi "Make Link" maka sistem akan membuat sebuah link shortcut yang merujuk ke folder tersebut. Apabila link tersebut dipindahkan ke lain lokasi maka masih akan tetap merujuk ke folder yang ditunjuk. Berikut hasilnya dari perintah "Make Link" di Ubuntu Desktop:

yang sebelah kiri adalah folder originalnya, sedangkan yang sebelah kanan adalah hasil shortcut yang dibuat. Selama file atau folder original yang dibuat tidak dipindahkan lokasinya, maka shortcut tersebut akan tetap bisa digunakan walaupun shortcut tersebut dipindah kemanapun.

Jika di Ubuntu Server, maka menggunakan perintah ln yang menggunakan opsi "s" (symbolic) di dalam terminal dengan format perintahnya adalah:

 ln -s [target] [nama_shortcut]

misalnya saja saya ingin membuat shortcut folder_1 tersebut dengan nama foder_1_shortcut, maka saya harus mengetahui dulu letak folder_1 tersebut berada, dengan perintah pwd, sehingga hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


dari gambar di atas terlihat bahwa folder_1 berada di lokasi /home/himawan/Public/ untuk membuat shortcut link folder_1 tersebut, saya menjalankan perintah:

 ln -s /home/himawan/Public/folder_1/ /home/himawan/Public/folder_1_shortcut

Berikut hasil dari perintah tersebut yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Apabila ditelusur dengan perintah ls -l, maka akan terlihat shortcut tersebut merujuk ke target, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Mudah bukan, oh iya, jika anda ingin menghapus shortcut tersebut maka file atau folder yang original tidak akan terhapus kok, jadi tenang saja. Semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung

No comments: