Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Sunday, November 15, 2015

Mengetahui lokasi kursor di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux


Seringkali, ketika kita asyik melakukan konfigurasi melalui terminal, kita bisa saja keluar masuk folder. Dari folder etc ke folder var, ke sub folder var di www dan lain sebagainya. Karena keasyikan itu kita jadi lupa saat ini posisi kursor kita ada di mana ya? Di linux kita dibekali aplikasi "pwd", yang berfungsi untuk menunjukkan posisi kursor kita. Aplikasi "pwd" ini bisa dijalankan di dalam terminal, notabene Ubuntu Server tidak memiliki GUI atau X-Desktop maka aplikasi ini akan sangat berguna untuk menunjukkan posisi dimana kita berada di dalam struktur direktori system. Berikut contohnya:

Ketika kita pertama kali login di dalam Ubuntu Server, maka posisi kita akan berada di dalam folder home user yang kita pakai, misalnya saja kita menggunakan user himawan, maka saat pertama kali login, kita akan langsung ditempatkan di dalam folder /home/himawan/, apakah benar? berikut buktinya:


Gambar di atas adalah posisi kita setelah login, kemudian jalankan perintah "pwd" seperti pada gambar di bawah, maka anda akan diberitahu posisi kursor dimana anda berada saat ini:


Dari hasil tersebut membuktikan bahwa, anda berada di dalam folder home, mari kita buktikan lagi, silakan anda masuk ke dalam folder /etc/apache/conf.d/ dengan perintah berikut "cd /etc/apache/conf.d/" kemudian jalankan perintah "pwd" sehingga tertampil hasil seperti pada gambar di bawah:


Menarik bukan, ikuti terus ya blog ini, karena saya akan ulas perintah-perintah dasar linux lainnya di tulisan selanjutnya :-) 

Terima kasih telah berkunjung dan semoga membantu.


No comments: