Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Friday, November 22, 2013

Browsing Internet di Ubuntu Desktop / Server lewat terminal / console

Suatu ketika anda ingin mencoba browsing internet untuk uji coba jaringan di Ubuntu Server, bagaimana cara melakukannya? anda dapat mencoba menggunakan aplikasi links2. Aplikasi yang bernama links2 ini adalah aplikasi browser yang dapat digunakan di dalam console atau terminal.

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuka terminal atau console di komputer Ubuntu anda, jika anda belum menginstall aplikasi ini, anda bisa menjalankan perintah di bawah:

 sudo apt-get install links2

untuk menjalankan aplikasi  links2 tersebut, anda bisa memanggilnya melalui perintah seperti yang saya jalankan di bawah sambil melakukan browsing, seperti:

 links2 google.com

dari perintah di atas, menghasilkan tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Berikut beberapa trik dan tips yang dapat anda gunakan sembari melakukan browsing dengan aplikasi links2 tersebut:
  • Untuk melakukan perpindahan link per link anda bisa menekan tombol ke bawah dan ke atas, untuk kembali ke web page sebelumnya anda bisa menekan tombol arah ke kiri dan tombol arah ke kanan untuk balik menuju halaman setelahnya.
  • Ketika anda ingin menuju alamat web lainnya anda bisa menekan huruf g dan silakan masukkan URL yang ingin anda tuju, seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini:

  • Ketika anda ingin mencari sebuah kata di dalam browser, anda bisa menekan tombol / sehingga akan tertampil seperti pada gambar di bawah:

  • Untuk merefresh halaman web, anda bisa menekan tombol CTRL+R
  • Untuk melihat menu-menu yang dapat di akses anda dapat menekan tombol F9 sehingga tertampil seperti pada gambar di bawah ini:

  • Untuk keluar dari aplikasi ini, anda bisa menekan huruf q seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini:

Menarik bukan, semoga membantu dan selamat berselancar di terminal :)

Beberapa artikel terkait:

3 comments:

Aji Kurniawan said...

unik sih, tapi kayaknya ribet :D

M. Khoirul Faruk said...

Karena browsing pake GUI sudah terlalu mainstream :D

Himawan Mahardianto said...

Biasanya saya gunakan ketika remote ssh di server mas, buat ngetest jaringan sama web apps, apakah yg error klien (under server) apa servernya