Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Wednesday, October 23, 2013

Cara mendapatkan PIN BBM di Android

Tertanggal 21 Oktober 2013 kemaren, Blackberry Messenger telah merelease BBM resmi untuk android dan iOS, akan tetapi belum diketahui pasti apakah BlackBerry nantinya juga akan mengeluarkan aplikasi BBM tersebut untuk perangkat dengan platform WIndows Phone. Dengan terbukanya aplikasi BBM di platform lainnya, saat ini BBM (BlackBerry Messenger)  tidaklah menjadi fitur (bisa dibilang) ekslusif di handset BlackBerry, karena sebelumnya aplikasi ini hanya bisa dipakai dan  digunakan hanya di perangkat keluaran perusahaan yang dulunya bernama Research In Motion (RIM) itu.

Saya sendiri juga termasuk orang yang penasaran terhadap aplikasi tersebut. Saat di awal release (kedua ini), saya mencoba menginstall aplikasi BBM tersebut di handset Samsung Galaxy Nexus Prime dengan OS Android versi  Jelly Bean dengan sedikit susah payah. Mungkin karena antusiasme banyak orang yang mulai mencoba di waktu yang sama, membuat saya sendiri termasuk dari beberapa calon pengguna BBM ini susah untuk sign in demi mendapatkan sebuah PIN ID.  Pada akhirnya saya bisa mendapatkan PIN ID yang nantinya digunakan sebagai identitas untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna BBM. Berikut saya rangkum langkah-langkahnya:

1. Anda bisa mendownload aplikasi resmi BBM tersebut melalui play store Google dari handset anda, atau bisa juga melalui tautan link ini.
2. Setelah terinstall, anda bisa buka aplikasi tersebut sehingga muncul tampilan seperti pada gambar di bawah:

Silakan daftarkan email anda dan klik next. 


3.Setelah itu akan muncul tampilan "Selamat Datang" di perangkat anda seperti di bawah:

Silakan klik next lagi untuk melanjutkan.

4. Kemudian anda akan disuguhi pilihan apakah anda akan login menggunakan ID Blackberry anda yang dulu pernah didaftarkan saat versi Beta, atau anda akan bikin ID Baru. Pilihan ini akan tertampil seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

pada kondisi ini, saya memilih Create a BlackBerry ID.

5. Kemudian, pada tampilan berikutnya, anda akan diminta memasukkan profil anda, seperti email, password yang akan anda gunakan di blackberry ID, Nama lengkap, tanggal lahir, dan diminta menyetujui license dan Agreement dari mereka. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

 

Setelah lengkap, anda bisa klik tombol create.

6. Pada tampilan berikutnya anda akan diberikan nomer PIN sebagai ID kontak BBM anda yang bisa anda bagikan untuk di invite oleh sesama pengguna BBM, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:
Silakan klik continue, lalu anda akan diminta apakah anda akan memberitahu atau mengajak teman-teman anda di social media menggunakan BBM? untuk pilihan kali ini saya pilih skip. Seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah:


7. Setelah pilihan skip anda pilih, anda akan di minta untuk melakukan invite PIN BBM teman-teman anda dengan berbagai cara seperti menggunakan barcode, PIN, sms atau email, seperti pada gambar di bawah:

Pada opsi ini saya memilih langsung masuk ke aplikasi BBM tersebut dengan cara mengeklik tombol "continue to BBM".

Dan voila?! saya sudah masuk ke dalam aplikasi BBM tersebut, disitu saya diberikan langkah-langkah panduan wizard seperti yang tertampil pada tampilan di bawah:

 


Setelah selesai anda akan dikirimkan email untuk melakukan konfirmasi bahwa PIN ID yang diberikan kepada user tersebut benar-benar memiliki email yang seperti yang tadi didaftarkan. Silakan cek email anda untuk segera konfirmasi, apabila tidak terlihat di inbox, silakan cek di folder spam anda. 

8. Setiap kali anda mendapatkan invite PIN BB anda, anda akn diberikan notifikasi seperti pada gambar di bawah:


Kemudian anda bisa menerima invite dari notifikasi tersebut dengan menekan tombol accept seperti yang tertampil pada gambar di bawah:


maka secara otomatis, kontak tersebut akan tertambah dala daftar kontak person BBM anda seperti yang tertampil pada gambar di bawah:







dan selesai, akhirnya saya bisa menggunakan aplikasi BBM tersebut di perangkat android saya, Silakan mencoba :)


No comments: