Masuk ke dalam docker container - Tutorial Docker 06

Pada tutorial docker kali ini saya akan menjelaskan bagaimana kita bisa masuk ke dalam container, sebenarnya didalam container yang kita jalankan adalah sebuah virtual machine yang menjalankan sebuah service. Virtual Machine tersebut juga menggunakan system operasi hanya saja terisolasi di dalam container.

Misalnya saja saya akan membuat dan menjalankan sebuah container httpd, lalu saya akan masuk ke dalam container httpd tersebut. Langkah pertama yaitu mendownload image httpd dengan perintah:

setelah berhasil mendownload, saya akan membuat sebuah container dari image tersebut dan menjalankannya dengan perintah:

untuk melihat apakah container tersebut sudah aktif dan berjalan, saya menjalankan perintah:

berikut ini hasilnya:

dari situ anda dapat melihat bahwa container dengan nama my-first-web-server sudah berjalan di dalam docker. Kemudian untuk masuk ke dalam container tersebut saya menjalankan perintah:

maka saya akan masuk ke dalam shell bash dalam container tersebut menggunakan user root. Untuk mengetest system operasi apa yang digunakan di dalam container tersebut saya coba menjalankan perintah:

maka berikut ini hasilnya:

ternyata system operasi container tersebut menggunakan debian 12 dengan versi bookworm. Anda bisa menjalankan berbagai perintah di debian tersebut, misalnya menginstalasi aplikasi nmap. 

Oh iya apa yang anda utak-atik di dalam container tidak akan terhapus walaupun container tersebut anda restart. Jadi jika anda menginstall aplikasi nmap di dalamnya, maka apabila container tersebut anda matikan kemudian anda hidupkan lagi maka aplikasi nmap yang telah anda install juga masih ada.

Silahkan mencoba dan terima kasih sudah mampir

Comments