Cara membuat container, menjalankan container dan menghapus container docker di Ubuntu Server 22.04 - Tutorial Docker 03



Halo berjumpa kembali, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat container dari image yang sudah di download, sebagai contoh saya akan menjelaskan disini bagaimana cara membuat container MySQL. Pada tutorial ini juga akan saya jelaskan bagaimana cara menjalankan layanan MySQL dari container dan dasar-dasar cara mengelolanya termasuk menghapus container yang sudah tidak diperlukan.

Sebelum saya mulai membuat layanan MySQL server dari docker container saya harus melakukan download image MySQL tersebut dengan menjalankan perintah:

Perintah di atas akan menarik image docker mysql yang terbaru ke dalam server docker engine, berikut proses penarikannya:

kemudian untuk melihat hasil image yang sudah diunduh dari perintah tersebut, saya cukup menjalankan perintah "sudo docker images" dan berikut ini hasil keluarannya:


berdasarkan hasil keluaran gambar diatas maka terlihat bahwa images mysql dari docker berhasil diunduh.

Membuat container MySQL di Docker

Setelah berhasil mendownload images maka saya akan membuat sekaligus menjalankan container mysql dengan nama mysql-container-01 . Layanan itu akan dapat diakses melalui port 3306 dari alamat IP server docker. Maka saya cukup menjalankan perintah:

Perintah di atas akan membuat sebuah container sekaligus menjalankan container tersebut di dalam server, berikut ini keluaran perintah di atas:


dengan begitu anda telah berhasil membuat dan mengaktifkan container MySQL di server docker.

Melihat status container di Docker

untuk melihat apakah container yang saya buat itu berjalan atau tidak, saya cukup menjalankan perintah:

atau bisa juga menggunakan perintah:

hasil kedua perintah tersebut terlihat seperti ini:

perhatikan kolom STATUS yang berisi keluaran "Up", itu berarti container yang tadi dibuat sudah otomatis berjalan di dalam server.


Menghentikan container di Docker

Untuk menghentikan container yang berjalan saya cukup menjalankan perintah:

hasil perintah tersebut akan terlihat seperti ini:


jika kita lihat statusnya dengan perintah:

hasil perintah tersebut terlihat seperti ini:


terlihat bahwa sudah tidak ada container yang aktif, tetapi bukan berarti container tersebut hilang, karena jika saya menjalankan perintah lainnya, seperti ini:

maka hasil perintah tersebut terlihat seperti ini:

perhatikan pada kolom Status, disitu terlihat informasi bahwa container tersebut masih ada hanya statusnya telah tidak aktif (Exited) .


Menghapus container di Docker

Untuk menghapus container yang sudah kita buat, maka saya memang harus mematikan dulu container yang aktif tersebut, lalu saya bisa menjalankan perintah:

maka hasil perintah tersebut terlihat seperti ini:

jika saya kembali menjalankan perintah untuk melihat container tersebut dengan perintah ini:

maka hasil perintah tersebut terlihat seperti ini:

dari hasil di atas terlihat bahwa sudah tidak ada container dengan  nama mysql-container-01. Sebagai informasi, menghapus container tidak serta merta menghapus image yang tadi kita download, untuk membuktikannya saya kembali menjalankan perintah:

Berikut ini hasilnya:


Mudah bukan membuat container dan menjalankan container di dalam docker. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa kembali di tutorial docker lainnya.


Comments