Cara install dan menghapus images docker di Ubuntu Server 22.04 - Tutorial Docker 02

Halo, melanjutkan seri tutorial docker, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengelola images docker di Ubuntu Server 22.04. Apa itu images? Images adalah sebuah paket aplikasi default yang sebagai bahan untuk membuat container aplikasi atau merupakan cikal bakal container yang akan kita buat di dalam docker, jadi setiap container yang akan kita buat itu sebenarnya berasal dari images yang kita install terlebih dahulu. Sebuah images dapat menjadi beberapa container aplikasi yang berjalan bersamaan, jika diilustrasikan disini maka terlihat seperti pada gambar di bawah:

Salah satu contoh images docker yaitu images mysql, images apache atau images php. Kalau misalnya di dalam server on premise (bare metal) kita hanya bisa menginstall satu buah aplikasi mysql server, maka dengan docker ini kita bisa menginstall multi server mysql dalam satu komputer. Mirip Virtual Machine (VM)? Benar, mirip dengan virtual machine, yang membedakannya kita tidak perlu mengalokasikan kapasitas harddisk, memory atau CPU khusus untuk sebuah VM dengan VM lainnya, jadi sumberdaya hardware server bisa digunakan seefisien mungkin. Jika belum ada bayangan nanti kita akan lanjutkan di tutorial berikutnya.

Kali ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya menginstall sebuah images ke dalam docker server. Images docker bisa kita dapatkan melalui website hub.docker.com , selain kita dapat mengunduh dan menginstall images yang ada disana, kita juga bisa menyimpan images yang kita buat sendiri di website hub.docker.com yang sewaktu-waktu bisa kita download dan gunakan (mirip github) dari mana saja.


Menginstall docker images

Tutorial ini saya akan mencoba menginstall sebuah images docker mysql, sebelumnya saya sudah menginstall docker engine ke dalam server Ubuntu ini, maka untuk melakukan instalasi images docker mysql saya cukup menjalankan perintah ini:

Perintah di atas akan menarik image docker mysql yang terbaru ke dalam server docker engine, berikut proses penarikan image docker mysql tersebut:


setelah berhasil diinstall maka images tersebut akan tersimpan kedalam repository docker image di dalam server lokal kita. Images tersebut dapat kita gunakan sebagai dasar pembuatan container. Image tersebut dapat juga kita gunakan untuk membuat multi container di dalam server.

Melihat images docker di repository lokal

Untuk melihat apakah image mysql tersebut sudah terinstall di dalam lokal repository docker di dalam server saya, maka saya cukup menjalankan perintah:

maka hasilnya adalah sebagai berikut:


dari gambar di atas terlihat bahwa ada image docker mysql dengan besaran 577MB. Image mysql tersebut nantinya dapat kita gunakan sebagai dasar pembuatan multi container di dalam server.

Menghapus images docker di repository lokal

Untuk menghapus image docker yang sudah terinstall (misal saya akan menghapus image docker mysql) maka saya cukup menjalankan perintah:


dari hasil tersebut maka docker images mysql akan dihapus dari dalam repository lokal docker di dalam server saya:



berikut ini hasilnya jika saya kembali menjalankan perintah untuk melihat list docker image:


dan ini hasilnya dibawah terlihat bahwa image mysql sudah tidak ada di dalam repository docker server lokal saya:

Mudah bukan mengelola image docker di dalam repository lokal. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung, untuk tutorial berikutnya saya akan membahas tentang bagaimana membuat dan menjalankan container dari image docker yang sudah kita download. Sampai berjumpa lagi di artikel berikutnya.


Comments