Membuat bucket pada layanan RADOS Object Gateway pada ceph cluster dengan AWS S3 API - 25

Masih membahas tentang ceph cluster, kali ini saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana membuat sebuah bucket di dalam layanan RADOS Object Gateway. Jika di catatan sebelumnya saya membuat sebuah bucket dengan nama first bucket melalui ceph dashboard. Maka kali ini saya akan membuat sebuah bucket lewat AWS S3 API dari sisi klien.

Klien yang akan saya gunakan adalah johndoe, sedangkan layanan object gateway ini berada di server dengan alamat IP 192.168.0.254. Komputer yang saya gunakan sebagai klien atau yang menjalankan aplikasi AWS S3 API ini menggunakan alamat IP 192.168.0.251, saya asumsikan sudah jelas berbeda ya antara lokasi komputer yang memberikan layanan dan klien pengguna layanan yang saya gunakan berbeda komputer.

Untuk cara mengkoneksikan komputer klien menggunakan AWS S3 API anda bisa melihat tulisan saya di catatan nomer 21, atau anda bisa klik melalui link ini . 

Untuk melihat apakah sudah ada bucket di dalam layanan Object Gateway, saya cukup menjalankan perintah:


hasilnya adalah sebagai berikut ini:



dari keluaran tampilan di atas terlihat bahwa, di dalam bagian "Buckets" tidak ada bucket apapun yang sudah terbuat. Lalu untuk membuat sebuah bucket dengan nama john-doe-bucket saya cukup menjalankan perintah:



setelah itu saya kembali menjalankan perintah untuk melihat bucket apa saja di dalam layanan object gateway:



hasilnya adalah sebagai berikut ini:



dari situ terlihat bahwa bucket dengan nama john-doe-bucket sudah terbuat di dalam layanan object gateway.


Menariknya jika kita melihat bucket melalui ceph dashboard sebenarnya ada 2 buah bucket di dalam layanan ceph object gateway ini:


yang terdiri dari:

  • first-bucket, dan
  • john-doe-bucket

akan tetapi bucket dengan nama first-bucket tidak terlihat dan tidak dapat diakses dari klien AWS S3 API saat saya menggunakan user johndoe. 

Hal itu dikarenakan bucket bernama first-bucket tersebut tidak dimiliki oleh user bernama johndoe. Sesuai dengan tampilan di ceph dashboard, bucket dengan nama first-bucket tersebut dimiliki oleh user dashboard. 

Mari kita coba buat bucket baru lagi dengan nama john-doe-2nd-bucket, maka saya menjalankan perintah:


untuk melihat hasilnya, saya menjalankan lagi perintah:



dan ini hasilnya:



disitu anda bisa melihat bahwa bucket dengan nama john-doe-2nd-bucket sudah berhasil dibuat.

Sekian catatan terkait cara membuat bucket dengan AWS S3 API pada layanan objcet gateway ceph cluster, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.


Comments