Howto create user untuk mengakses Ceph Object Gateway melalui cephadm shell - 24

Kembali lagi di catatan terkait ceph cluster, kali saya akan membahas bagaimana cara membuat user untuk mengakses layana ceph Object Gateway. Berbeda dengan catatan sebelumnya yang pembuatan user ini menggunakan ceph dashboard, kali ini pembuatan user ini menggunakan cephadm shell. Untuk membuat user baru ini saya harus masuk dulu ke komputer yang mengelola ceph cluster yang telah terinstall cephadm sebelumnya.

Untuk masuk ke dalam cephadm, saya cukup menjalankan perintah:

setelah itu untuk saya akan lihat list user Object Gateway yang sudah ada di dalam ceph cluster dengan menjalankan perintah:

hasilnya adalah seperti berikut ini:


dari keluaran di atas anda bisa melihat bahwa ada user johndoe dan user dashboard di dalam system, rencananya saya akan membuat user baru dengan nama "marianne" sekaligus menentukan access key nya adalah "marianneacceskey" dan secret key nya adalah "mariannesecretkey" dengan menjalankan perintah:

jika berhasil anda akan mendapati tampilan keluaran seperti ini:


jika saya menjalankan perintah untuk melihat list user object gateway dengan perintah:


maka ini yang saya dapatkan keluarannya:


dari tampilan di atas terlihat bahwa user marianne telah berhasil ditambahkan, cukup mudah bukan menambahkan user layanan Ceph Object Gateway menggunakan cephadm, sekian catatan ini dan jikalau anda memiliki pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.


Comments