Howto create user object gateway di ceph cluster melalui ceph dashboard - 23

Jika saya mengaktifkan layanan ceph object gateway pada ceph cluster yang sebelumnya telah saya bangun, maka untuk mengaksesnya kita harus membuat user terlebih dahulu. User yang digunakan berbeda dengan user layanan ceph file system. User untuk layanan object gateway harus kita buat dulu secara tersendiri. Kalau kemaren saya menggunakan user dashboard, karena user ini telah ada sebelumnya secara default, tetapi apakah kita akan membagikan user dan password user dashboard tersebut? Tentu tidak, lalu bagaimana caranya agar user lainnya dapat memanfaatkan layanan Ceph Object Gateway? Ya solusinya kita harus membuat user baru untuk mengakses layanan tersebut.

Ada dua cara membuat user untuk layanan Ceph Object Gateway, cara pertama adalah menggunakan Ceph Dashboard, sedangkan cara lainnya adalah menggunakan cephadm shell. Saya akan bahas menggunakan cara pertama terlebih dahulu:

Membuat user Ceph Objcet Gateway dengan Ceph Dashboard:

Pertama buka halaman login ceph dashboard seperti di bawah ini:


setelah berhasil login anda akan ditampilkan halaman dashboard seperti ini:


pada menu sebelah kiri, pilih menu Object Gateway lalu pilih menu User, sehingga anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:


disitu baru terlihat satu user saja yaitu user dashboard, untuk membuat user baru saya klik tombol Create berwarna merah tersebut, hasilnya muncul form isian seperti ini:


kemudian pada bagian S3 key, saya hilangkan tanda pilihan (Auto Generated Key) tersebut lalu sisanya saya isi seperti ini:

dengan menghilangkan autogenerated key tersebut saya bisa mengisi access key dan secret key yang saya mau agar mudah diingat. Selanjutnya adalah klik tombol Create User, apabila berhasil akan nampak user baru seperti ini:

Access key dan Secret Key tersebut berfungsi untuk otentikasi user untuk mengakses layanan Ceph Object Gateway. Sekian catatan kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya.


Comments