Create Bucket di layanan Object Gateway (RGW) di ceph cluster - 20

Melalui catatan ini saya akan menjelaskan bagaimana saya membuat bucket di dalam layanan object gateway (RGW). Jadi bucket ini berfungsi untuk menyimpan data didalam layanan object gateway. Jika diibaratkan seperti harddisk, bucket ini mirip partisi. Jadi kita bisa membuat beberapa bucket di dalam layanan Object Gateway. Data yang disimpan di dalam bucket ini akan disimpan di dalam pool yang direplikasi dan disebar di seluruh OSD di dalam ceph cluster. 

Rencananya saya akan membuat bucket pertama dengan nama first-bucket. Untuk membuat bucket itu ada 2 cara, yaitu menggunakan layanan API atau melalui ceph dashboard. Untuk catatan ini saya akan menggunakan ceph dashboard, selain lebih mudah, saya juga belum menyediakan komputer client yang telah dikonfigurasi agar bisa mengakses dan mengelola layanan Object Gateway ini.

Karena saya menggunakan ceph dashboard untuk membuat bucket maka saya harus masuk dulu ke dalam antarmuka ceph dashboard. Lokasi alamat ceph dashboard ini bergantung dimana layanan manager aktif di dalam ceph cluster. Untuk melihat dimana lokasi ceph dashboard, saya cukup menjalankan perintah di bawah ini di dalam cephadm shell:

dari situ hasilnya adalah berikut ini:


jika anda lihat di baris yang saya highlight, layanan manager tersebut aktif di server2 berarti saya akan mengakses ceph dashboard lewat browser dengan format:

https://alamat_ip_server2_yang_layanan_managernya_aktif:8443

server2 tersebut berjalan di alamat IP 192.168.0.252 maka berikut ini tampilannya pada browser:


Jika anda melihat gambar di atas ada peringatan bahwa koneksi tidak private, maka jangan takut bahwa halaman ceph dashboard tidak bisa diakses, silahkan klik tombol advance, lalu klik link proceed bla bla bla (unsafe). Keterangan diatas hanyalah warning dikarenakan mengakses halaman terenkripsi sertifikat SSL (https) yang tidak terverifikasi domain manapun. Setelah itu anda akan mendapati halaman login seperti ini:

saya masukkan user dan password untuk login, dan jika berhasil akan nampak seperti berikut ini antarmukanya:


anda perhatikan pada kotak yang saya highlight ada Object Gateway, disitu terlihat ada angka 1 total, itu artinya ada 1 server yang menjalankan layanan Object Gateway (server1). Lalu saya masuk ke menu Object Gateway di sebelah kiri lalu klik bagian Buckets, berikut ini tampilannya:


belum ada satupun buckets yang dibuat, untuk membuatnya saya klik tombol create lalu memasukkan detail seperti di bawah ini:

setelah itu saya simpan dengan menekan tombol "Create Bucket", jika berhasil akan nampak data bucket dengan nama first-bucket didalam tabel list buckets pada menu Buckets seperti ini:


Bagaimana? mudah bukan membuat buckets di dalam layanan Object Gateway menggunakan ceph dashboard. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di catatan berikutnya. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya.


 

Comments