Howto remove pool di ceph cluster lewat cephadm - 09

Melalui catatan ini saya ingin melanjutkan tentang bagaimana caranya kita menghapus pool yang kita buat di dalam ceph cluster. Sebelum nya saya ingin memperlihatkan  kondisi existing ceph cluster yang saya gunakan yang terdiri dari 3 buah server:

  • server1: mon (active), mgr (active), osd (active)
  • server2: mon (standby), mgr (standby), osd (active)
  • server6: mon (standby), mgr (standby), osd (active)

Sistem operasi yang saya gunakan pada ketiga server tersebut adalah Ubuntu Server 20.04 dan aplikasi ceph yang saya gunakan adalah versi Octopus. Catatan yang saya buat kemaren adalah tentang cara membuat pool di dalam ceph cluster, maka pada catatan ini saya membuat tentang bagaimana cara menghapus pool yang sudah di buat.

Langkah pertama yang harus saya lakukan adalah masuk ke dalam server yang memiliki aplikasi cephadm. Aplikasi cephadm ini adalah aplikasi yang saya gunakan untuk mengelola ceph cluster dan sudah terinstall di server1. Setelah berhasil masuk, saya akan menjalankan perintah:

setelah masuk ke dalam shell cephadm, saya akan melihat daftar pool di dalam ceph cluster sebelum saya melakukan penghapusan, untuk itu saya menjalankan perintah:

hasil dari perintah di atas adalah sebagai berikut:


jika dilihat dari antarmuka ceph dashboard bagian pool, hasilnya:


jika anda perhatikan hasil keluaran perintah shell dan list pool di ceph dashboard nya sama, bahwa terdapat 3 pool yang sudah dibuat, kalau melihat dari catatan sebelumnya, maka pool yang saya buat adalah cephfs_data dan cephfs_metadata. Saya akan mencoba menghapus salah satu pool tersebut yaitu pool cephfs_data dengan perintah:


hasilnya adalah:


ternyata error, saya diminta untuk mengaktifkan opsi untuk memperbolehkan pool di hapus di server monitor, maka sebelum saya bisa benar-benar menghapus pool, saya menjalankan dulu perintah di bawah:


dan hasilnya berikut ini:


setelah itu saya lanjut untuk menghapus pool cephfs_data lagi dengan perintah yang sama seperti sebelumnya:


dan berikut ini hasilnya:


jika saya lihat lagi baris pool yang tersedia dengan perintah:


berikut ini hasilnya:


anda melihat juga bahwa pool cephfs_data sudah tidak ada, sama juga jika saya lihat melalui ceph dashboard, saya tidak akan melihat lagi pool cephfs_data disana:


Sekian catatan saya terkait cara menghapus pool di dalam ceph cluster, apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Sampai jumpa lagi di catatn berikutnya.



Comments