Howto access layanan Ceph File System di Ubuntu Server - 14

Catatan ini sebenarnya sama dengan tulisan yang dulu pernah saya buat, jadi saya hanya mengulangi saja tulisan cara mengakses layanan Ceph File System di Ubuntu. Kondisi ceph cluster yang saya gunakan terdiri dari:

  • server1: mon (active), mgr (standby), osd (active)
  • server2: mon (standby), mgr (active), osd (active)
  • server6: mon (standby), mgr (standby), osd (active)

ketiganya menggunakan Ubuntu Server versi 20.04 dan ceph cluster dibangun dari aplikasi ceph versi Octopus. Untuk alamat IP nya:

  • server1: 192.168.0.254
  • server2: 192.168.0.252
  • server6: 192.168.0.249

Lalu rencananya layanan ceph file system ini akan saya akses lewat komputer client yang berada di luar anggota ceph cluster, katakanlah lewat server4. Berikut ini detail data server4:

  • server4: Sistem operasi Ubuntu Server 20.04
  • Alamat IP: 192.168.0.251


Konfigurasi di Server1

sebelum saya dapat mengakses layanan tersebut, saya perlu login ke dalam server1 dahulu, kemudian saya akan melihat isi file konfigurasi ceph.client.admin.keyring dengan perintah:

hasilnya adalah sebagai berikut:

saya salin data key tersebut untuk kemudian akan saya gunakan di dalam client pada server4 . Key tersebut adalah password untuk mengakses layanan ceph client menggunakan user admin.


Konfigurasi di server4

Sekarang saya akan masuk atau login ke dalam server4, lalu sebelum saya dapat menggunakan layanan ceph file system saya  harus menginstall aplikasi pendukungnya dengan menjalankan perintah:

setelah berhasil install saya akan membuat sebuah file yang berisi password untuk mengakses layanan ceph file system dengan menjalankan perintah:

kemudian saya masukkan key di dalam file ceph.secret tersebut:

simpan. Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat folder untuk menaruh akses layanan ceph file system tersebut dengan menjalankan perintah:

selesai membuat folder saya akan menjalankan perintah berikut utnuk melihat kondisi system di server4:

hasilnya adalah sebagai berikut:


kemudian untuk mengakses layanan ceph file system di ceph cluster saya menjalankan perintah:

jika saya kembali menjalankan perintah:

maka hasilnya adalah sebagai berikut ini:


perhatikan bagian yang saya highlight, disitu muncul folder /data-ceph yang di mounting dari salah satu server ceph cluster dengan kapasitas 9,8TB. Itu berarti layanan ceph file system sudah bisa diakses di server4. Setelah itu, saya menjalankan perintah:


perintah di atas digunakan untuk membuka hak akses dan permisi dari folder /data-ceph agar bisa ditulisi oleh seluruh user di server4 seperti kita menulis data ke dalam folder yang lainnya..

Jika dari sisi ceph cluster saya ingin mengecek siapa saja klien yang terkoneksi di layanan ceph file system saya bisa melihatnya di ceph dashboard. Berikut ini tampilannya:


dari situ terlihat server4 adalah client yang terkoneksi di dalam ceph cluster. Lalu bagaimana saya melepas akses ceph cluster? saya cukup menjalankan perintah:


dengan perintah di atas, maka server4 sudah tidak mengakses layanan ceph file system dari ceph cluster, untuk membuktikannya saya kembali menjalankan perintah:


dan ini hasilnya:


anda sudah tidak melihat lagi folder/data-ceph yang terpetakan sebagai bagian dari ceph file system. Jika saya lihat lagi di ceph dashboard:


Sudah tidak ada client yang terkoneksi di dalam ceph dashboard. Sekian catatan cara akses layanan ceph file system di ceph cluster, apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Sampai jumpa lagi di catatan selanjutnya.


Comments