Howto remove ceph cluster

Cara menghapus ceph cluster, yup benar, judul catatan kali ini adalah cara menghapus keseluruhan ceph cluster. Pada kondisi existing yang saya gunakan, ceph cluster saya terdiri dari 3 Server yaitu:

  • server1
  • server2, dan 
  • server5

dari ketiga server tersebut, terdapat layanan monitor, manager, metadata server dan OSD server di masing2 node. Untuk melihat kondisi existing, saya menjalankan perintah:

yang menghasilkan data keluaran sebagai berikut:


lalu melalui server administrator ceph, saya menjalankan perintah:

Perintah di atas akan menghapus aplikasi ceph di ketiga server tersebut sekaligus melakukan uninstall aplikasi ceph di server1, server2 dan server5. Lalu langkah selanjutnya adalah menghapus  file konfigurasi aplikasi ceph di ketiga server tersebut, dengan menjalankan perintah:

Setelah berhasil dilakukan silahkan coba jalankan perintah:

jika aplikasi ceph sudah berhasil dihapus, maka akan keluar pesan kesalahan seperti ini:


itu artinya aplikasi ceph telah di hapus. langkah selanjutnya adalah menghapus keys dengan menjalankan perintah dibawah ini:


perintah di atas untuk menghapus keyring yang dipakai pada ceph cluster yang barusan dihapus, masing-masing ceph-cluster memiliki keys yang unik sebagai identitas untuk membedakan antara cluster yang satu dengan yang lainnya, anda akan mendapati tampilan seperti berikut ini saat menjalankan perintah di atas:


yup, ceph cluster saya sekarang sudah dihapus, jangan lupa untuk menghapus logical volume di masing-masing OSD (server1, server2 dan server5) yang dibuat menggunakan LVM pada saat ceph-cluster di deploy. Selamat mencoba, apabila ada pertanyaan bisa ditulis di fitur komentar, sampai jumpa lagi di lain catatan.



Comments