(Howto Remove) Cara Menghapus Manager Server di Ceph Cluster pada Ubuntu Server 18.04

Melanjutkan tutorial penghapusan server di ceph cluster, kali ini saya akan mencoba menghapus salah satu manager server di dalam cluster. Manager Server ini berjalan bersama dengan Monitor server untuk menyediakan informasi tambahan dan antarmuka untuk sistem pengelolaan dan monitoring di dalam ceph cluster. Salah satu fungsi Manager Server ini adalah sebagai sistem pendukung pada Ceph Dashboard . Ceph Dashboard ini adalah alat monitoring cluster yang dapat diakses via browser. Cara install Ceph dashboard ini sudah pernah saya bahas sebelumnya (di postingan sebelum ini).

Sebelum kita mulai menghapus Manager Server di dalam ceph cluster, saya akan menjalankan perintah:

Perintah di atas untuk melihat status ceph cluster saat ini, hasil dari perintah yang saya jalankan itu adalah sebagai berikut:

Berdasarkan hasil di atas, maka dapat saya petakan kondisi ceph cluster (yang terdiri dari 4 node) yaitu:

  • Node-00: Monitor Server (Active), OSD Server (Active), Manager Server, MDS Server
  • Node-01: Monitor Server, OSD Server (Active), Manager Server, MDS Server
  • Node-02: Monitor Server, OSD Server (Active), Manager Server, MDS Server (Active)
  • Node-03: Monitor Server, OSD Server (Active), Manager Server (Active)

Berdasarkan status di atas, maka Manager Server yang aktif ada di Node-03 dan sisanya di (Node-00, Node-01 dan Node-02) berada dalam kondisi Standby. Untuk Menghapus Manager Server pada Node-03, saya cukup mematikan dahulu service Manager Server dengan perintah:

setelah berhasil, tunggu beberapa saat dan kita lihat lagi statusnya dengan perintah:


berikut ini hasil dari perintah di atas:

berdasarkan hasil tersebut, maka manager server yang sebelumnya aktif di node-03 telah berpindah ke node-01. Untuk membuktikannya saya mencoba mengakses ceph dashboard dari node-01 dan berikut ini hasilnya:


Anda bisa lihat dari gambar di atas bahwa sekarang tersisa 3 Manager Server saja di dalam cluster, dengan dapat diaksesnya Ceph Dashboard tersebut juga membuktikan bahwa telah terjadi failover peran Manager Server dari Node-03 ke Node-01. Untuk menyelesaikan penghapusan Manager Server di Node-03 saya perlu menjalankan perintah di bawah:

Cukup sekian tutorial cara menghapus manager server di dalam ceph cluster. Tutorial ini sekaligus membuktikan bahwa ceph cluster memiliki high availibility yang dapat diandalkan dengan fitur failovernya.
(Howto Remove) Cara Menghapus Manager Server di Ceph Cluster pada Ubuntu Server 18.04 (Howto Remove) Cara Menghapus Manager Server di Ceph Cluster pada Ubuntu Server 18.04 Reviewed by Himawan Mahardianto on January 04, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.