Laravel error migrate: could not find driver (SQL: select * from information_schema.tables where t able_schema = dcis and table_name = migrations)


Pernahkah anda mengalami error seperti judul di atas ketika melakukan proses migrasi database di Laravel? Sebagai informasi, saya menggunakan laravel di sistem operasi Ubuntu Server 18.04 LTS. Pada proses saya melakukan migrasi, maka error ini yang terjadi:


Proses migrasi database di laravel menjadi gagal, lalu bagaimana solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut? Setelah saya mencoba browsing untuk mencari jalan keluarnya, saya akhirnya mengetahui bahwa ekstensi pdo_mysql di dalam Ubuntu Server belum ada dan atau belum diaktifkan. Untuk menambahkan ekstensi pdo_mysql yaitu dengan cara menginstall aplikasi php-mysql melalui perintah:

 sudo apt-get install php7.2-mysql

Jikalau anda sudah pernah menginstallnya anda bisa mengaktifkannya di file konfigurasi php.ini yang terletak di /etc/php/7.2/apache/php.ini dengan menghilangkan tanda komentar pada bagian:

 extension=pdo_mysql

setelah itu simpan dan restart server apache dengan perintah:

 sudo service apache2 restart

kemudian silakan coba lagi melakukan migrasi database pada framework laravel, dan voila problem telah teratasi dan migrasi database berjalan lancar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:



Selamat mencoba dan semoga membantu


Laravel error migrate: could not find driver (SQL: select * from information_schema.tables where t able_schema = dcis and table_name = migrations) Laravel error migrate:  could not find driver (SQL: select * from information_schema.tables where t   able_schema = dcis and table_name = migrations) Reviewed by Himawan Mahardianto on June 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.