Membersihkan log di linux karena kehabisan space



Saya kali ini hanya ingin menceritakan pengalaman saja, ketika itu saya menggunakan Ubuntu Desktop 18.04 LTS yang space storagenya hanya saya set 40GB saja, selebihnya saya pakai untuk /home/. Setelah hampir 8 tahun, akhirnya space partisi root ( / ) komputer saya penuh seperti berikut ini:


saya sudah mencoba menghapus beberapa aplikasi yang saya pikir menghabiskan kapasitas di harddisk, dan setelah saya telisik, ternyata file log yang berukuran besar yang menghabiskan banyak space seperti yang terlihat berikut ini:



dari gambar di atas, kern.log dan file sys.log ternyata berukuran 30GB, hampir 75% dari total space yang saya alokasikan untuk partisi root ( / ). Lalu bagaimana cara mengosongkannya/ menghapusnya? Sebelum dikosongkan atau dihapus, anda bisa backup dengan menyalinnya ke media penyimpanan yang berbeda dari partisi root ( / ).

Sebagai catatan, jangan gunakan perintah rm untuk menghapus log tersebut karena akan merusak system operasi linux yang anda gunakan, tetapi gunakan perintah:

 > syslog

dan perintah:

 > kern.log

dengan user sebagai root, hasilnya? file syslog dan kern.log kembali kosong dan system menjadi lebih lega seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Dengan begitu, system operasi dapat bekerja normal seperti semula, silakan mencoba apabila log di system linux anda memenuhi kapasitas harddisk.
Membersihkan log di linux karena kehabisan space Membersihkan log di linux karena kehabisan space Reviewed by Himawan Mahardianto on May 12, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.