Cara menampilkan size seluruh folder di terminal


Pada tulisan sebelumnya saya membahas bagaimana melihat ukuran file di terminal dan melihat sisa harddisk di terminal, kali ini saya akan menuliskan tips sederhana untuk melihat ukuran folder di dalam terminal. Jika perintah ls untuk melisting seluruh isi folder tanpa menampilkan ukuran masing-masing folder, maka perintah du, untuk menampilkan total ukuran folder beserta isinya. Berikut ini bedanya:

Ini adalah salah satu contoh saya melisting isi suatu direktori dengan perintah:

 ls -lh

dan ini hasilnya:

disitu yang terlihat ukurannya hanyalah file-file, sedangkan direktorinya tidak menampilkan total ukuran file di dalamnya. Sedangkan untuk melihat total ukuran file dan folder saya menjalankan perintah:

 du -sh *

maka hasilnya seperti berikut ini:


terlihat bedanya bukan? pada perintah ls -lh, folder app/ terlihat berukuran 4k itu karena perintah ls -lh hanya menampilkan size folder tersebut, bukan size folder beserta isinya. Sedangkan dengan perintah du -sh * folder app ternyata berukuran 104k karena ukurannya dihitung termasuk isinya.

Mudah bukan, perintah ini sangat berguna ketika saya akan memilah-milah folder mana yang berukuran besar ketika saya akan bersih-bersih harddisk pada server.
Cara menampilkan size seluruh folder di terminal Cara menampilkan size seluruh folder di terminal Reviewed by Himawan Mahardianto on April 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.