PHP tidak jalan setelah upgrade ke Ubuntu Server 18.04 LTS


PHP di dalam server sempet tidak berjalan dan hanya menampikan plain text setelah saya melakukan upgrade dari Ubuntu Server 16.04 ke 18.04 LTS. Kejadian ini sempat membuat saya panik, kenapa? karena seluruh aplikasi web yang ada di dalam server menjadi tidak bisa diakses (WTF). Seluruh aplikasi web yang saya akses menjadi berbentuk plain text.

Setelah mencari solusi di Google dan saya akhirnya menemukannya di dalam askubuntu.com, ternyata solusinya adalah saya diminta untuk menginstall lagi aplikasi libapache2-mod-php dengan perintah:

 sudo  apt-get install libapache2-mod-php

kemudian langkah selanjutnya adalah mengaktifkan modul PHP 7.2 karena secara default Ubuntu Server 18.04 menggunakan PHP versi 7.2, sedangkan Ubuntu 16.04 masih menggunakan Ubuntu 7.0.x . Untuk mengaktifkan modul PHP 7.2 saya menjalankan perintah:

 sudo a2enmod php7.2

langkah berikutnya, saya restart web server apache untuk mengimplementasikan modul yang diaktifkan dengan perintah:

 sudo service apache2 restart

setelah itu, aplikasi web yang ada di Ubuntu Server tersebut dapat diakses kembali seperti semula. Fiuhhhh, sempet deg-deg an. Semoga pengalaman saya ini dapat menjadi solusi temen-temen lainnya ketika melakuka upgrade sistem operasi dari Ubuntu Server 16.04 ke 18.04 LTS.
PHP tidak jalan setelah upgrade ke Ubuntu Server 18.04 LTS PHP tidak jalan setelah upgrade ke Ubuntu Server 18.04 LTS Reviewed by Himawan Mahardianto on September 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.