Belajar Git: Menyimpan perubahan di git dan mengirimnya di github


Setelah kemaren kita melakukan perubahan kode di repository lokal, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyimpan perubahan di repository lokal. Selesai menyimpan perubahan tersebut, langkah berikutnya adalah mengirim perubahan tersebut ke server github agar pengguna repository lainnya mendapatkan update perubahan tersebut.

Pertama kita lihat dulu status repository lokal saya, untuk memastikan apakah telah terjadi perubahan dengan perintah:

 git status

dan berikut ini hasilnya:


dari gambar di atas, maka terlihat bahwa ada notifikasi bahwa file README.md telah ada perubahan yang belum disimpan. Sebelum saya dapat menyimpan perubahan yang dilakukan, maka yang harus saya adalah menambahkan file yang saya rubah tersebut untuk diawasi (track) oleh repository perubahan atas perubahan tadi, maka saya menjalankan perintah:


 git add README.md

maka dengan begitu, perubahan tersebut sudah diawasi (track) di repository lokal, langkah selanjutya adalah menjalankan lagi perintah:

 git status

berikut ini hasilnya:


anda bisa lihat bukan bedanya, bahwa perubahan yang belum di track (awasi) di repository lokal dan yang sudah di tracking ? yang sebelumnya berwarna merah menjadi hijau. Untuk menyimpan perubahan tersebut di repository lokal, maka saya menjalankan perintah:

 git commit -m "melakukan perubahan di file README.md"

berikut ini hasilnya apabila perubahan telah disimpan di repository lokal:


untuk membuktikannya, saya menjalankan lagi perintah git untuk melihat status repository lokal"

 git status

berikut ini hasilnya:


dari tampilan di atas, saya melihat bahwa sudah tidak ada lagi file yang termodifikasi yang belum di catat dan di simpan di dalam repository lokal. Jika sudah begitu, saya tinggal mengupdate repository di github, agar sama dengan repository lokal dengan menjalankan perintah:

 git push origin master

perintah push tersebut berfungsi untuk mengirim perubahan file lokal tersebut ke repository di github. Berikut ini hasilnya jika proses (push) pengiriman perubahan dari repository lokal ke repository github berjalan lancar:


jika dilihat di github.com pada repository tujuan, maka akan terlihat seperti berikut ini, notifikasi perubahan yang telah dilakukan dari lokal dan disimpan di repository github:


Mudah bukan menggunakan github? Lain waktu akan saya tuliskan lagi tutorial-tutorial menggunakan github lainnya
Belajar Git: Menyimpan perubahan di git dan mengirimnya di github Belajar Git: Menyimpan perubahan di git dan mengirimnya di github Reviewed by Himawan Mahardianto on July 17, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.