Melihat real time net traffic di Ubuntu Server


Suatu kali saya berkeinginan untuk melihat apakah Ubuntu Server saya memiliki trafik komunikasi yang sedang terjadi. Jikalau pencatatan trafik yang disimpan database, saya sudah menggunakan aplikasi cacti, lalu bagaimana saya melihat trafik yang sedang terjadi?

Sistem operasi linux, memiliki aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat trafik secara riil time, hanya saja saya hanya mengetahui satu aplikasi yang dapat digunakan dan itu hanya berbasis command line. Aplikasi yang saya maksud tersebut adalah "iftop", ya benar namanya iftop. Aplikasi ini dapat memonitoring jaringan secara riil time di dalam Ubuntu Server.

Untuk menginstall aplikasi monitoring tersebut, anda cukup menjalankan perintah:

 sudo apt-get install iftop

selesai install, bagaimana menjalankan perintah tersebut? anda cukup menjalankan perintah:


 sudo iftop

maka akan terlihat net traffic yang akan anda awasi secara riil time seperti berikut ini:


Bar hitam yang di atas adalah trafik masuk yang terjadi ke dalam server, sedangkan bar hitam di bawah adalah jumlah seluruh trafik yang terjadi dari seluruh komunikasi yang terbangun di dalam server.

Kolom sebelah kanan adalah perhitungan angka net traffic yang terjadi dalam bentuk kilobit (Kb). Mudah bukan, melakukan monitoring net traffic di Ubuntu server secara real time? Kelemahannya adalah trafik yang termonitoring tersebut tidak disimpan di dalam database, sehingga kita tidak dapat melihat data yang telah terjadi sebelumnya.

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Melihat real time net traffic di Ubuntu Server Melihat real time net traffic di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on June 17, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.