Share folder Guest OS dengan Hypervisor di Vagrant

Setelah berhasil install dan menjalankan vagrant box, permasalahan baru muncul. Yaitu bagaimana si hypervisor bisa mengirim data atau mengambil data dari Guest OS? Ada beberapa cara yang menurut saya dapat menjadi solusi. Pertama kita bisa install FTP Server di Guest OS, kedua kita bisa install layanan sharing folder seperti Samba atau NFS di guest OS. Tetapi solusi-solusi di atas sedikit repot menurut saya karena harus melakukan konfigurasi di guest OS, selain itu dengan tambahan service tersebut juga menambah beban di guest OS.

Setelah membaca dokumentasi di vagrant, ternyata di sana disediakan fasilitas file sharing langsung antara guest OS ke hypervisor. Bagaimana caranya? berikut ini langkah-langkahnya:

Sebelum vagrant dinyalakan saya buat dulu folder untuk sharing di dalam hypervisor dengan perintah:

mkdir /Users/himawan/share-vagrant-ubuntu
anda bisa sesuaikan letak share folder yang anda mau di komputer hypervisor anda sendiri, tidak usah terpaku dengan perintah di atas.


Saya kemudian beranjak ke langkah selanjutnya, yaitu membuka file Vagrantfile milih vagrant box yang akan saya share folder dengan perintah:

mkdir /home/himawan/share-vagrant-ubuntu
setelah itu cari bagian dibawah ini:

#config.vm.synced_folder "../data", "/vagrant_data"
lalu ubah menjadi seperti ini:

config.vm.synced_folder "/Users/himawan/share-vagrant-ubuntu", "/vagrant_data"
setelah itu simpan, lalu jalankan vagrant box yang tadi kita edit konfigurasi Vagrantfile-nya dengan perintah:

vagrant up
selesai proses menyalakan, saya kemudian masuk ke dalam vagrant box tersebut dengan perintah:

vagrant ssh
setelah masuk, saya melihat bahwa vagrant memiliki folder baru yang terletak di /vagrant-data. Untuk mengetes apakah folder /vagrant-data di dalam vagrant-box tersebut terhubung dengan folder di /Users/himawan/share-vagrant-ubuntu, saya mencoba untuk membuat folder baru di dalamnya dengan perintah:

mkdir /vagrant_data/qwerty
setelah itu, saya coba buka folder di /Users/himawan/share-vagrant-ubuntu, dan berikut ini hasilnya:



dari penampakan gambar di atas, terlihat bahwa secara otomatis folder qwerty yang saya buat dari dalam vagrant box ubuntu server, juga ada di dalam folder hypervisornya. Ternyata membuat share folder vagrant antara Guest OS dan Hypervisornya begitu mudahnya.

Bagaimana? tertarik mencoba? Silakan dicoba sendiri dan dibuktikan, terima kasih telah berkunjung ya :-)
Share folder Guest OS dengan Hypervisor di Vagrant Share folder Guest OS dengan Hypervisor di Vagrant Reviewed by Himawan Mahardianto on May 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.