Setting jaringan DHCP untuk vagrant agar bisa diakses dari dalam jaringan


Setelah kita mengetahui cara install vagrant box sekaligus cara uninstall vagrant box, maka pada tutorial ini akan membahas bagaimana caranya agar vagrant box yang kita install tersebut dapat diakses dari jaringan. Secara default, vagrant box yang kita install tersebut akan berada di dalam virtual network dan terisolasi dari luar jaringan. Lalu bagaimana caranya agar vagrant box tersebut dapat diakses dari komputer lain selain komputer hypervisor-nya?

Katakanlah komputer hypervisor (yang menjalankan vagrant box) mendapatkan alamat IP dari server DHCP di luar sana, lalu bagaimana caranya agar vagrant box juga dapat alamat IP dari DHCP server yang sama dengan komputer hypervisornya?

Berikut langkah-langkahnya:

Sebelum kita mulai, pertama saya jalankan dulu vagrant box dengan perintah:

 vagrant up

setelah itu saya masuk ke dalam vagrant box dengan perintah:

 vagrant ssh

setelah berhasil masuk, saya jalankan perintah ifconfig untuk melihat konfigurasi jaringan yang ada di dalam vagrant box, dan berikut ini hasilnya:



Berdasarkan hasil di gambar atas, anda melihat bahwa vagrant box hanya memiliki 1 kartu jaringan dengan alamat IP 10.0.2.15, alamat itu hanya bisa diakses di dalam kmputer hypervisornya saja alias komputer yang menjalankan vagrant box. Lalu bagaimana jika komputer selain hypervisornya ingin mengakses vagrant box yang berjalan tersebut? Berikut ini saya lanjutkan.

Langkah selanjutnya adalah keluar dari vagrant box tadi, kemudian untuk mematikan vagrant box saya menjalankan perintah:

 vagrant halt

Kemudian saya buka vagrantfile yang digunakan sebagai konfigurasi di vagrant box yang anda install dengan perintah:


 sudo vim Vagrantfile

lalu silakan cari dan hilangkan tanda # pada bagian:

 config.vm.network "public_network"

setelah itu simpan, kemudian coba hidupkan vagrant box tersebut dengan perintah:

 vagrant up


pada proses-nya, anda akan diminta untuk memilih kartu jaringan apa yang akan anda gunakan sebagai bridge dengan vagrant box, karena komputer yang saya gunakan memakai kartu jaringan en0 untuk terkoneksi dengan jaringan, ya saya pilih en0 tersebut sebagai bridge vagrant box dengan jaringan lokal.

Proses pemilihan kartu jaringan sebagai bridge tersebut terlihat seperti berikut ini:


Setelah vagrant box selesai booting, saya coba jalankan perintah:

 vagrant ssh

untuk masuk ke dalam vagrant box, kemudian saya menjalankan perintah:

 ifconfig

maka hasilnya seperti terlihat di bawah ini:


anda melihat bahwa muncul kartu jaringan baru dengan nama enp0s8 dengan alamat IP 192.168.100.101 (setara dengan alamat IP komputer saya yang menjalankan vagrant box) itu tandanya vagrant box saya sudah bisa di akses dari komputer lainnya yang sejaringan dengan hypervisornya. 

Berikut hasil uji coba koneksi dengan ping dari komputer lainnya:


Hasil di atas menunjukkan bahwa vagrant box berhasil di akses oleh komputer lain yang sejaringan dengan hypervisor tersebut, itu artinya seluruh layanan vagrant box (selain ssh) dapat diakses oleh komputer lain yang sejaringan dengan hypervisornya. Selanat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Setting jaringan DHCP untuk vagrant agar bisa diakses dari dalam jaringan Setting jaringan DHCP untuk vagrant agar bisa diakses dari dalam jaringan Reviewed by Himawan Mahardianto on May 15, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.