Konfigurasi alamat IP statis di vagrant


Masih berkutat di jaringan dan vagrant, pada kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan setting agar vagrant box yang kita gunakan menggunakan alamat IP statis. Artikel ini meneruskan tutorial sebelumnya tentang cara agar vagrant box dapat diakses di komputer lainnya dalam jaringan. Hanya saja konfigurasi tersebut memaksa si vagrant box tersebut meminta alamat IP dari server DHCP, yang jadi masalah adalah apabila di dalam jaringan tidak tersedia server DHCP, lalu bagaimana solusinya? Solusinya mudah saja, tinggal kita setting saja alamat IP statis di vagrant box tersebut.

Pertama, pastikan vagrant box yang akan kita setting telah mati, untuk memastikannya bisa saja jalankan perintah:

vagrant halt
setelah itu saya buka file konfigurasi vagrant box tersebut dengan perintah:

vim Vagrantfile
setelah itu cari bagian:

config.vm.network "public_network"
ubah menjadi:

config.vm.network "public_network", ip: "192.168.88.40"
alamat 192.168.88.40 tersebut bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri. Setelah itu simpan lalu jalankan perintah di bawah ini, untuk menghidupkan vagrant box:

vagrant up
ketika proses menghidupkan vagrant box, saya diminta untuk memilih kartu jaringan mana yang akan saya pasangkan alamat IP statis tersebut seperti di bawah ini:


Anda bisa pilih dengan menunjuk angka untuk kartu jaringan yang akan anda gunakan di alamat IP statis tersebut. Tampilannya mungkin sedikit berbeda dengan komputer anda, hal itu bergantu terhadap ketersediaan kartu jaringan di komputer anda, dikarenakan di dalam komputer yang saya gunakan terdapat 6 macam kartu jaringan, maka hasilnya muncul seperti di atas. Untuk memilih yang akan anda gunakan, anda bisa memilih menggunakan angka lalu tekan ENTER.

Setelah selesai proses booting, maka saya coba masuk ke dalam vagrant dengan perintah:

vagrant ssh
kemudian saya jalankan perintah di bawah ini untuk memastikan bahwa alamat IP statis yang tadi saya konfigurasi berhasil di implementasikan di vagrant box:

ifconfig
berikut hasilnya:


terlihat bukan bahwa alamat statis yang tadi saya konfigurasikan berhasil diterapkan di vagrant box, selamat mecoba dan terima kasih telah berkunjung 😎
Konfigurasi alamat IP statis di vagrant Konfigurasi alamat IP statis di vagrant Reviewed by Himawan Mahardianto on May 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.