Instalasi virtualbox di macOS High Sierra


Pada sesi kali ini saya akan membahas tentang virtualisasi, rencananya sih untuk beberapa tulisan ke depan saya juga akan membahas tentang virtualisasi tersebut. Alasan saya menginstall virtualbox adalah agar saya tidak mengganggu sistem operasi utama ketika saya harus mendevelop sesuatu yang membutuhkan lingkungan pengembangan khusus atau sistem operasi berbeda dengan Master OS nya. Virtualbox ini berfungsi sebagai hypervisor yang digunakan untuk mengelola virtualisasi di bawahnya. Tutorial yang akan saya bahas saat ini adalah bagaimana menginstall aplikasi virtualbox di macOS (High Sierra), kalau di windows kan pada proses instalasinya tinggal klik Next hingga Finish, lalu kalau install virtualbox di Ubuntu (Desktop) tinggal menjalankan perintah apt-get install virtualbox, kalau di Mac (sistem operasi High Sierra) bagaimana? Kalau masih penasaran, anda bisa baca tutorial ini sampai bawah.

Berikut langkah-langkahnya:


Pertama anda bisa download aplikasi virtualbox khusus macOS di website www.virtualbox.org, hasil download anda akan berupa file instalasi dengan ekstensi .dmg

Setelah itu anda bisa klik dua kali file virtualbox.dmg tersebut, sehingga muncul tampilan seperti berikut:


kemudian klik dua kali pada icon nomer 1 seperti yang tertampil di gambar di atas, sehingga anda akan masuk ke proses instalasi:


anda akan diberi peringatan bahwa aplikasi akan menjalankan proses instalasi, apakah anda ingin melanjutkan atau tidak, klik continue untuk melanjutkan, maka proses instalasi akan lanjut berjalan seperti yang nampak di gambar berikut:


klik continue untuk meneruskan proses instalasi virtualbox, setelah itu anda akan diberi informasi bahwa aplikasi virtual box ini membutuhkan space di harddisk sebesar 180an MegaByte seperti berikut:


Karena saya berniat menginstall aplikasi virtualbox tersebut, maka saya klik install, kemudian anda akan diminta memasukkan user dan password administrator untuk memulai proses instalasi di dalam system seperti berikut:


Apabila instalasi berhasil dilakukan, maka akan nampak gambar seperti berikut ini:


setelah itu klik close, dan anda akan diberi opsi apakah akan menghapus aplikasi installer virtualbox.dmg tersebut atau tidak seperti yang terlihat di bawah ini:


karena saya tetap ingin menyimpan file installer tersebut, maka saya pilih opsi keep. Apakah proses instalasi telah selesai? Ya, proses instalasi telah selesai dan anda bisa mencari aplikasi virtualbox melalui folder aplication di Dock anda seperti berikut:


anda bisa lihat bahwa aplikasi virtualbox sudah berhasil di install di macOS high sierra, untuk menjalankan aplikasi virtualbox, anda cukup klik icon tersebut, maka akan terlihat tampilan aplikasi virtualbox seperti ini:


Jika anda mendapati proses instalasi gagal seperti yang nampak pada gambar di bawah ini:


apa yang harus dilakukan? jangan panik, silakan close terlenih dahulu proses instalasi, kemudian anda cukup membuka System Preferences > Security & Privacy lalu klik icon gembok di pojok kiri bawah agar anda dapat mengubah settingan di menu general tersebut:


masukkan user password (administrator), lalu klik tombol allow, setelah itu silakan ulangi lagi proses instalasi dari awal maka proses instalasi akan berjalan sukses tanpa hambatan. Aplikasi virtualbox disini berfungsi sebagai hypervisor, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengelola virtualisasi. Untuk memulai membuat virtualisasi, mungkin anda bisa membaca tutorial berikut ini:


atau anda bisa mencari tutorial lengkap tentang virtualbox di blog ini melalui link berikut
Selamat mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung :-)
Instalasi virtualbox di macOS High Sierra Instalasi virtualbox di macOS High Sierra Reviewed by Himawan Mahardianto on May 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.