Cara merubah konfigurasi hardware di vagrant box


Tahukah kamu bahwa vagrant box yang kita install itu sudah memiliki standart yang sudah ditentukan oleh pembuat box? Misalnya nih, di tutorial saya sebelumnya kan saya install vagrant box yang isinya adalah Ubuntu Server 16.04. Ketika saya explore perangkat keras di dalamnya, saya menemukan bahwa Ubuntu Server yang saya gunakan memiliki RAM 1GB dan harddisk 10GB, akan tetapi pada vagrant box Debian 9 yang saya install di project lainnya memiliki RAM 2GB dan harddisk 20GB.

Pada proses pengembangannya, saya ingin menambah RAM pada vagrant box Ubuntu Server tersebut, karena memang kebutuhan aplikasi di dalamnya. Lalu bagaimana solusinya? Ternyata  disinilah aplikasi virtualbox berfungsi. Perlu anda ketahui, bahwa vagrant box yang saya install (Ubuntu Server dan Debian) tersebut, juga terdaftar di virtualbox seperti ini:


Anda bisa melihat bukan? terdaftar dua image vagrant ubuntu dan vagrant debian. Melalui virtualbox tersebut kita bisa menambah harddisk, atau merubah jumlah RAM yang kita gunakan di vagrant box tersebut.


Disni saya akan mencontohkan perubahan RAM Ubuntu Server di vagrant Ubuntu dari 1GB menjadi 2GB. Pertama saya pilih vagrant ubuntu tersebut, kemudian klik menu Settings (gambar gear kuning) di menu bagian atas, setelah itu akan muncul lama seperti berikut:


Setelah itu klik menu System pada icon-icon yang ada di bagian atas sehingga muncul seperti berikut ini:


Anda bisa lihat di bagian base memory, lalu ubah sesuai kebutuhan kalian, karena saya ingin meningkatkan memory RAM di vagrant Ubuntu dari 1GB ke 2GB, maka pada base memory tersebut saya ubah ke 2048MB, klik tombol OK jika perubahan berhasil dilakukan.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah saya tinggal menghidupkan vagrant ubuntu dengan perintah:




vagrant up

selesai proses booting, saya masuk ke dalam mesin vagrant, dengan perintah:




vagrant ssh

kemudian menjalankan perintah:




cat /proc/meminfo

berikut tampilannya:


anda lihat pada bagian MemTotal nilainya 2048MB yang artinya memory sudah berubah menjadi 2GB untuk OS Ubuntu tersebut, selain memory, anda juga bisa menambahkan kapasitas harddisk baru dalam bentuk partisi ke dalamnya lewat konfigurasi di virtualbox. Sudah tahu bukan hubungan virtualbox dan vagrant? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Cara merubah konfigurasi hardware di vagrant box Cara merubah konfigurasi hardware di vagrant box Reviewed by Himawan Mahardianto on May 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.