Cara mencari file lewat terminal di Ubuntu Server


Apabila anda pengguna Ubuntu Desktop, untuk mencari file sangatlah mudahkarena sudah ada failitas pencarian yang disediakan. Anda cukup buka unity scope, lalu ketikkan nama file yang ingin anda cari, disitu akan keluar seluruh file, aplikasi atau folder yang sesuai dengan kata kunci yang anda masukkan. Beda kasus jika anda menggunakan Ubuntu Server yang notabene hanya antarmuka terminal yang tersedia. Lalu bagaimana caranya mencari file lewat terminal?

Berikut ini caranya, anda cukup menggunakan perintah:

 find

lalu bagaimana formatnya? berikut ini cara mencari file dalam berbagai format:

Misalkan saya ingin mencari suatu file dalam folder yang saya masuki saat ini (current folder), saya bisa menggunakan perintah:


 find . -name [nama_file_yang_ingin_dicari]

misalkan saya ingin mencari file vsftpd.conf, maka formatnya menjadi:

 find . -name vsftpd.conf

Lalu bagaimana jika saya ingin mencari file di folder spesifik? berikut format perintahnya:

 find [nama_folder] -iname [nama_file]

misalkan saya ingin mencari file berkestensi jpeg di folder home dan subfolder home, maka perintahnya menjadi:

 find /home -iname '*.jpeg

maka hasilnya sistem akan menampilkan seluruh lokasi file berekstensi jpeg apapun itu dari di dalam folder /home , jika hasil pencarian terlalu banyak, maka anda bisa masukkan ke dalam sebuah file hasil pencarian tersebut dengan menambahkan perintahnya menjadi seperti berikut:

 find /home -iname '*.jpeg > results.txt

maka seluruh lokasi file hasil pencarian akan di simpan di dalam file results.txt, anda bisa membuka file results.txt menggunakan software vim atau nano untuk melihatnya. Jika menggunakan vim, anda bisa menggunakan perintah:

 vim results.txt

maka akan terlihat seluruh lokasi file hasil pencarian tadi.

Mudah bukan, mencari file di dalam Ubuntu Server menggunakan terminal? Sebenarnya di Ubuntu Desktop pun anda bisa juga menggunakan pecarian lewat terminal ini, tapi cukup dengan unity scope anda tidak perlu susah suah menjalankan berbagai format perintah pencarian.

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung 😎
Cara mencari file lewat terminal di Ubuntu Server Cara mencari file lewat terminal di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on May 05, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.