Cara membatasi kapasitas folder di ubuntu server


Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan bagaimana membuat folder yang kapasitasnya terbatas di Ubuntu Server, misalkan saya ingin sebuah folder baru yang nantinya hanya bisa diisi maksimal 5GB, lalu bagaimana caranya? Ada beberapa cara sih, yang pertama anda bisa membuat partisi baru sebesar 5GB dengan software gparted atau fdisk dengan catatan anda masih memiliki sisa partisi yang belum digunakan atau anda bisa membuat partisi baru dari sisa partisi yang ada dari LVM? Cara tersebut bisa juga digunakan.

Akan tetapi pada kasus ini, semua partisi sudah digunakan, yang tersisa hanyalah sisa space dari partisi yang ada, apakah bisa nih saya bikin folder yang kapasitasnya terbatas tanpa partisi kosong? Yup ternyata bisa 😎 , wow, bagaimana caranya?

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama saya akan perlihatkan bahwa sebelumnya saya memiliki sususan partisi seperti berikut:


dari gambar di atas, terlihat bahwa partisi root saya masih bersisa 490GB, apakah saya akan meresize partisi tersebut? Oooh tidak, langkah meresize partisi (memperkecil) sungguh sebah langkah berbahaya yang mungkin bisa membuat system corrupt. Don't do that guys! it's not recommended or you could destroy your system. 

Mari saya lanjutkan, langkah selanjutnya adalah membuat folder baru yang nantinya kapasitasnya akan saya batasi sebesar 5GB saja dengan perintah:


 mkdir /home/himawan/newspace

setelah itu, saya akan buat image baru dengan nama space00.img dengan kapasitas 5GB, dengan perintah:

 sudo dd if=/dev/zero of=/mnt/space00.img bs=1024 count=5000000


jika berhasil, maka proses yang anda lihat akan seperti gambar di bawah ini:


Selesai membuat imag, langkah selanjutnya adalah memfornat image tersebut dengan file ssystem ext4 melalui perintah:

 sudo mkfs.ext4 /mnt/space00.img

prosesnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:
 
langkah berikutnya adalah memounting image tersebut ke dalam folder yang telah dibuat sebelumnya yang berlokasi di /home/himawan/newspace melalui perintah:


 sudo mount -o loop /mnt/space00.img /home/himawan/newspace

jika berhasil di mounting, maka silakan jalankan perintah:


 df -h

maka akan ada pertisi baru sebesar kurang lebih 5GB yang siap digunakan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:




anda bisa lihat di bawah sendiri terdapat sebuah folder yang bernama newspace yang hanya dapat diisi kurang lebih 4GB saja, oh iya langkah terakhir yaitu mendaftarkan image dan folder tersebut ke dalam file fstab dengan perintah:

 sudo vim /etc/fstab

Lalu masukkan konfigurasi di bawah yang fungsinya agar image space00.img dapat di mounting otomatis ke folder /home/himawan/newspace setelah server restart dengan format:

 /mnt/space00.img /home/himawan/newspace ext4 loop 1 2

mudah bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung 😎

Oh iya, jika ketika anda ingin menulisi folder tersebut anda mendapati error seperti permission denied, itu berarti folder tersebut memiliki problem terhadap kepemilikan atau hak aksesnya, anda bisa membaca tutorial di bawah ini untuk menyelesaikan problem tersebut:




Cara membatasi kapasitas folder di ubuntu server Cara membatasi kapasitas folder di ubuntu server Reviewed by Himawan Mahardianto on May 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.