Cara menghubungkan virtual mesin ke jaringan eksternal di virtualbox



Pernahkah anda menginginkan untuk membuat mesin virtual yang anda buat sebelumnya dapat diakses oleh komputer lain di dalam jaringan? Hal tersebut dimungkinkan dengan sedikit konfigurasi di dalam aplikasi virtualbox. Misalnya nih, saya memiliki virtual mesin Ubuntu Server 16.04 yang saya install di dalam virtualbox. Di dalam Ubuntu Server tersebut saya install layanan SSH Server. Apakah saya bisa meremote virtual mesin itu dari komputer lain di luar komputer Master? Tentu bisa, lalu bagaimana caranya?


Berikut langkah-langkahnya:

Saya buka dulu aplikasi virtualbox yang saya gunakan, kemudian pilih salah satu VM yang akan saya konfigurasi (saya pilih VM bernama PHP):

langkah berikutnya klik menu Settings di bagian atas, lalu pilih section Networking seperti berikut:

kemudian pada halaman utama klik enable Network Adapter, lalu pilih Bridged Adapter pada menu Attached to, Untuk Adapter yang di bridged silakan pilih dari salah satu network Adapter pada Master Host:

di konfigurasi di atas saya memilih Realtek PCIe FE family Controller pada Master Host yang saya gunakan, kemudian klik OK untuk menyimpan konfigurasi tersebut. Jika di visualisasikan maka VM yang saya gunakan akan membuat kartu virtual jaringan yang sejajar (bridge) dengan Master Host seperti berikut:


Dari ilustrasi di atas, maka seolah-olah VM memiliki kartu jaringan yang sejajar dengan master Host. dengan begitu apabila virtual Host di konfigurasi alamat IP-nya sejaringan dengan master host, maka virtual mesin tersebut juga dapat diakses seolah-olah sebuah komputer baru di jaringan melalui network entry si master host.

Jadi apabila keduanya (master host dan virtual mesin) di konfigurasi dengan DHCP Server, maka keduanya akan mendapatkan IP sejajar dan bisa menjalin komunikasi dengan komputer lainnya.

Mudah bukan? Selamat mencoba ya :-)

Cara menghubungkan virtual mesin ke jaringan eksternal di virtualbox Cara menghubungkan virtual mesin ke jaringan eksternal di virtualbox Reviewed by Himawan Mahardianto on January 13, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.