Cara install MySQL 5.7 di Ubuntu Server 16.04 LTS


Tak terasa sudah tahun ke lima blog ini berjalan, tak terasa pula sudah banyak artikel tutorial yang saya tulis sebagai panduan untuk para noob (newbie) di website ini. Memasuki tahun 2018, saya akan mencoba menulis tutorial tentang cara instalasi server database MySQL 5.7 di artiukel ke 3. Tutorial ini merupakan salah satu dasar untuk memulai belajar database MySQL di Ubuntu Server. Sebenarnya cara instalasinya sangatlah mudah, tetapi apabila belum pernah melakukannya tetap saja kita tidak bisa membayangkan prosesnya.

Sistem operasi yang saya gunakan adalah Ubuntu server versi 16.04 LTS. Untuk menginstallnya, anda harus menggunakan user yang berlevel sistem administrator atau root.


Sebelum melakukan instalasi, ada baiknya anda pastikan bahwa Ubuntu Server yang anda gunakan terhubung internet. Karena proses instalasi ini akan melakukan download ke repository yang ada di internet, seperti anda mnginstall aplikasi di play store android. Setelah anda berhasil login ke dalam Ubuntu server, anda bisa menjalankan perintah:

 sudo apt-get install mysql-server-5.7

kemudian pada proses verifikasi untuk menjalankan instalasi, silakan ketik Y agar proses berlanjut. Di tengah-tengah instalasi, anda akan diminta untuk memasukkan password baru untuk user root yang akan digunakan di dalam database MySQL seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


setelah berhasil memasukkan password untuk user root pada server MySQL, lanjutkan dengan menekan ENTER, maka anda akan diminta melakukan input ulang password baru yang anda buat sebelumnya melalui form verifikasi password seperti berikut ini:


masukkan ulang dan tekan ENTER, maka proses instalasi akan berlanjut secara otomatis di dalam sistem sampai selesai. Setelah selesai, silakan coba login ke dalam server dengan perintah:

 mysql -u root -p

masukkan password root yang dibuat saat proses instalasi, maka anda akan mendapati tampilan console MySQL server seperti berikut:


Bagaimana, mudah bukan? Oh iya, anda dapat melihat berbagai turtorial database MySQL yang ada di blog ini dengan mengunjungi link berikut. Pada tutorial-tutorial di atas saya menjelaskan berbagai cara untuk mengoperasikan database MySQL tersebut, seperti membuat tabel, membuat user dan sebagainya. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Cara install MySQL 5.7 di Ubuntu Server 16.04 LTS Cara install MySQL 5.7 di Ubuntu Server 16.04 LTS Reviewed by Himawan Mahardianto on January 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.