Panduan install PHP 7 di Ubuntu Server 16.04 LTS



PHP, merupakan salah satu bahasa pemrograman yang terkenal dan banyak digunakan di dunia ini. Umumnya PHP digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web, berbeda dengan HTML yang berfungsi untuk menampilkan informasi, PHP dapat digunakan untuk melakukan pemrosesan, penyimpanan variable dan banyak hal lainnya.

Apakah anda tahu aplikasi CMS semacam wordpress? Aplikasi wordpress tersebut yang bisa dibilang sangat populer (dalam dunia blog) dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selain wordpress terdapat juga berbagai aplikasi framework berbasis web yang dibangun menggunakan PHP, seperti framework Laravel, Yii, CodeIgniter, CakePHP, Symfony untuk membangun aplikasi atau website perusahaan-perusahaan besar dunia.

Hampir sebagian besar website di internet yang anda akses menggunakan bahasa pemrograman berbasis PHP. Perkembangan PHP saat ini sudah memasuki versi 7.x. dengan banyak perbaikan serta pembaharuan fungsi serta dapat dijalankan, digunakan dan dikembangkan di berbagai sistem operasi. Untuk menjalankan aplikasi berbasis PHP, syaratnya adalah suatu sistem operasi tersebut harus memiliki compiler PHP. Melalui postingan kali ini saya ingin menuliskan bagaimana caranya menginstall PHP compiler di sistem operasi Ubuntu Server


Sistem operasi yang saya gunakan adalah Ubuntu Server 16.04 LTS, untuk menginstall PHP 7.x saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get install php7

berikut tampilan konfirmasi dari sistem jika anda ingin menginstall aplikasi php7:


silakan ketik y dan tekan ENTER untuk melanjutkan proses instalasi hingga selesai, setelah proses instalasi berhasil diselesaikan, anda bisa menjalankan perintah:

 php -v

untuk melihat apakah compiler PHP sudah berhasil diinstall di dalam system, serta versi berapa PHP yang anda gunakan di dalam sistem:



berdasarkan output di atas saya berhasil menginstall compiler PHP versi 7.0.22, apabila anda ingin membuat aplikasi web berbasis PHP, maka anda bisa mengkombinasikan PHP tersebut dengan web server. Ada banyak web server yang kompatible dengan bahasa pemrograman PHP dan salah satu yang terkenal di antaranya adalah NGINX atau Apache. Selamat mencoba dan semoga membantu :-)
Panduan install PHP 7 di Ubuntu Server 16.04 LTS Panduan install PHP 7 di Ubuntu Server 16.04 LTS Reviewed by Himawan Mahardianto on December 14, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.