Cara port scan layanan UDP di server


Port scanner, adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan scanning port yang terbuka di dalam server, baik itu server windows maupun server dengan sistem operasi apapun. Aplikasi port scanner di Linux atau Ubuntu Server yang bisa digunakan adalah nmap. 

Berikut ini tutorial tentang port scanner menggunakan nmap di Ubuntu server yang pernah saya tulis sebelumnya, tetapi di tutorial tersebut, saya belum menjelaskan bagaimana melakukan scanner protocol UDP. Aktifitas port scanning di tutorial tersebut memanfaatkan protocol TCP dan ICMP.

Tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana menggunakan port scanning khusus protocol ICMP, saya cukup menjalankan perintah dengan format:

 sudo nmap -sU [server target]

ingat ya, menggunakan sudo, karena untuk scanner port UDP saya harus menggunakan hak akses setingkat administrator, berikut hasil scan port pada protocol UDP di server 192.168.0.249:



sedangkan berikut ini adalah hasil scan port pada protocol TCP dengan alamat server yang sama:



terlihat bukan bedanya? Sebenarnya saya menulis tutorial ini dikarenakan saya ingin mengecek apakah layanan SNMP yang saya bangun di server pada alamat 192.168.0.249 tersebut berjalan lancar atau tidak, salah satu cara untuk melihatnya adalah dengan melihat port yang terbuka di server tersebut. Silakan mencoba dan terima kash telah berkunjung :-)
Cara port scan layanan UDP di server Cara port scan layanan UDP di server Reviewed by Himawan Mahardianto on December 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.