Cara upgrade kernel di Ubuntu Server


Tahukah anda bahwa kernel merupakan inti system dari Linux? Fungsi kernel untuk menjembatani perangkat keras dengan seluruh perangkat lunak dan seluruh aplikasi yang terinstall di sistem operasi. Kernel ini selalu berkembang dari waktu ke waktu dan perlu di upgrade untuk memperbaiki sistem dari celah keamanan atau memperbaiki bug yang ada. Ada dua cara melakukan upgrade kernel, yaitu cara mudah atau cara susah. 

Cara susah yaitu kita melakukan download kernel yang stable (bisa dari kernel.org) dan cocok dengan sistem operasi yang kita gunakan, kemudian melakukan compile dan diinstall ke dalam sistem operasi (Cara ini belum tentu langsung berhasil ya, worst case adalah kernel panic, kemudian perbaiki sistem dengan Live USB :-P)

Cara mudah (Jika anda pengguna sistem operasi Debian Based atau Ubuntu Based), tinggal jalankan saja perintah:

 sudo apt-get dist-upgrade

maka jika ada kernel baru yang tersedia akan muncul perintah upgrade seperti di bawah ini:
 

ketik opsi y (yes) untuk melakukan upgrade, maka sistem secara otomatis akan menjalankan opsi upgrade kernel.

Setelah proses upgrade selesai, silakan restart sistem operasi anda, maka kernel yang baru sudah digunakan.

Berikut tampilan versi kernel sebelum upgrade:


Berikut tampilan versi kernel yang sudah diupgrade:
 

Dari hasil di atas, terlihat bahwa ada upgrade minor pada kernel dari versi 3.13.0-110 ke versi 3.13.0-112. Mudah bukan, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.
Cara upgrade kernel di Ubuntu Server Cara upgrade kernel di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on March 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.