Cara uninstall aplikasi di Ubuntu Server


Seperti pengguna sistem operasi pada umumnya, kita sebagai user juga pasti akan melakukan manajemen aplikasi seperti install, uninstall dan konfigurasi suatu aplikasi. Jika di sistem operasi Ubuntu Desktop kita bisa memanfaatkan antarmuka seperti ubuntu software center, maka di Ubuntu server kita dibantu dengan aplikasi seperti dpkg atau apt-get.

Jadi untuk melakukan pengelolaan aplikasi seperti install dan uninstall di Ubuntu Server, kita bisa memanfaatkan tools apt-get atau dpkg. Sebenarnya di Ubuntu Desktop juga memanfaatkan tools yang sama (apt-get atau dpkg) hanya saja dibungkus dengan antarmuka yang memaksimalkan fungsi mouse.

Begini cara melakukan uninstall menggunakan aplikasi apt-get:

Misalnya saya ingin melakukan uninstall aplikasi dengan nama tree, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get remove tree

berikut hasilnya:


saya tinggal tekan tombol Y [enter], maka aplikasi tree akan di uninstall. Hanya saja aplikasi konfigurasi yang dilakukan aplikasi tree yang di install tidak akan terhapus di dalam sistem operasi, sehingga anda bisa menginstall lagi tanpa harus memerlukan koneksi internet dan konfigurasi ulang. 

Jika anda ingin aplikasi yang anda install tersebut dihapus semuanya (aplikasi installer, konfigurasi dan lain sebagainya) anda bisa menggunakan perintah:

 sudo apt-get purge tree

lalu untuk menghapus file installernya yang tersimpan di dalam system, and abisa menjalankan perintah:

 sudo apt-get autoremove

Mudah bukan, melakukan penghapusan instalasi di Ubuntu Server? Selamat mencoba ya.
Cara uninstall aplikasi di Ubuntu Server Cara uninstall aplikasi di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on March 17, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.