Cara menambah kolom tabel MySQL yang sudah dibuat di Laravel 5.4 dengan fitur migration

Jika kita sudah pernah membuat tabel dengan fitur migration di Laravel 5.4, maka bagaimana jika kita ingin menambah kolom dari tabel database tersebut? berikut caranya,  jika sebelumnya saya memiliki tabel people dengan spesifikasi berikut:


kemudian saya akan menambah kolom baru dengan nama alamat dengan tipe data string. Laravel menyediakan fitur migration yang memungkinkan kita berinteraksi dengan tabel database tanpa harus masuk ke dalam database.

Untuk membuat perubahan tersebut, kita harus bikin dulu file migration. Sebelum bisa menjalankan perintah migration, kita harus masuk ke dalam root folder framework laravel, kemudian jalankan perintah:

 php artisan make:migration add_alamat_on_people_table

maka hasilnya seperti berikut jika berhasil:


kemudian akan tercipta sebuah file baru yang bernama 2017_02_28_052547_add_alamat_on_people_table yang berlokasi di root_folder_laravel/database/migrations/

setelah itu saya edit file 2017_02_28_052547_add_alamat_on_people_table tersebut kemudian saya masukkan script di bawah ini:

setelah itu simpan, lalu saya jalankan perintah

 php artisan migrate

jika berhasil, maka tampilan prosesnya akan terlihat seperti di bawah ini:


jika saya lihat isi tabel people dengan perintah di bawah:

 mysql -u root -proot -e 'use homestead; describe people;'

maka hasilnya akan terlihat seperti berikut:


dari tampilan di atas, terlihat bahwa kolom alamat telah di tambahkan ke dalam tabel people, selamat mencoba ya :-)
Cara menambah kolom tabel MySQL yang sudah dibuat di Laravel 5.4 dengan fitur migration Cara menambah kolom tabel MySQL yang sudah dibuat di Laravel 5.4 dengan fitur migration Reviewed by Himawan Mahardianto on March 05, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.