Cara membuat model database di Laravel 5.4


Jika di beberapa tutorial sebelumnya tentang Laravel 5.4 sudah dibahas tentang cara membuat database dengan fitur migrasi, cara membuat controller untuk logika program, maka di tutorial kali in saya akan membahas bagaimana membuat model di Laravel 5.4. 

Fungsi model ini adalah untuk berkomunikasi antara controller dengan database. Jadi setiap request user, akan diterjemahkan oleh controller, kemudian untuk berkomunikasi dengan database (semisal MySQL) maka controller memerlukan model. Komunikasi seperti apa yang dimaksud antara Controller dan Model ini? komunikasi seperti insert data ke dalam database, update, delete, dan select.

Bagaimana cara membuat model di Laravel 5.4? Begini langkah-langkahnya:

Misal, dari tutorial sebelumnya saya sudah membuat tabel people:

baca: Cara membuat tabel database di Laravel 5.4

kemudian saya akan membuat model People dengan menjalankan perintah artisan seperti berikut:

 php artisan make:model People

jika berhasil, maka tampilannya akan terlihat seperti berikut:


dari perintah di atas, maka terbuat sebuah file dengan nama People.php yang berlokasi folder app/ di dalam aplikasi Laravel.

File People.php ini digunakan untuk berkomunikasi dengan tabel people di database MySQL.

Berikut isi dari file People.php kurang lebihnya:


Di Tutorial selanjunya saya akan bahas bagaimana melakukan komunikasi dengan database melalui Controller dan Model tersebut, Selamat mencoba ya.
Cara membuat model database di Laravel 5.4 Cara membuat model database di Laravel 5.4 Reviewed by Himawan Mahardianto on March 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.