Routing dasar di Laravel 5.4

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, framework Laravel menganut metode MVC (Model View Controler) untuk logika aplikasinya, lalu bagian untuk memproses inputan dan memberikan output hasil pemprosesan tersebut adalah bagian controller yang memanfaatkan metode routing.

Metode routing ini, di framework Laravel 5.4 disimpan di dalam file web.php di lokasi folder routes/

Jika di buka, isi file routes/web.php tersebut adalah seperti berikut:

maksud dari skrip di atas adalah:
  • setiap ada request GET dari browser yang meminta halaman / ( "/" adalah halaman root aplikasi laravel),
  • maka akan ditampilkan halaman welcome.blade.php dari view yang berlokasi di folder root_folder_laravel/resources/views/welcome.blade.php

sehingga ketika saya mengakses halaman http://localhost:8000/ tanpa inputan apapun, maka saya mengakses halaman utama aplikasi Laravel. Hasilnya adalah halaman welcome.blade.php lah yang ditampilkan hasil request saya tadi.

Untuk lebih jelasnya, misalnya saja saya bikin file dengan nama test.blade.php yang saya letakkan di folder yang sama dengan isi scriptnya seperti berikut:


kemudian saya tambahkan isi file web.php menjadi seperti berikut:


ketika saya akses aplikasi laravel dengan inputan test sehingga di URL terlihat seperti berikut:

http://localhost:8000/test

maka hasilnya dari URL tersebut seperti ini:


yup, atas request test yang diminta kepada aplikasi Laravel maka file test.blade.php yang berada di folder resources/views yang akan ditampilkan kepada user.

Berdasarkan tutorial di atas, setidaknya sudah tahu bukan salah satu fungsi file web.php dan dasar metode routing di Laravel 5.4. Selamat mencoba ya :-)
Routing dasar di Laravel 5.4 Routing dasar di Laravel 5.4 Reviewed by Himawan Mahardianto on February 13, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.