Monitoring koneksi jaringan real time menggunakan iptraf di Ubuntu Server


Kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan monitoring koneksi secara riil time di Ubuntu server. Untuk melakukan monitoring ada banyak tools yang bisa digunakan salah satu yang akan saya bahas disini adalah tools iptraf.

Tools iptraf ini bisa dipasang dimana saja dan terus terang tools ini sering saya gunakan untuk monitoring koneksi di Ubuntu Server. Kenapa? karena tools ini berbasis CLI jadi sangatlah pas jika digunakan di Ubuntu Server yang notabene tidak ada tools GUI-nya. Aplikasi ini juga bukan layanan server, sehingga digunakan ketika diperlukan saja.

Aplikasi iptraf secara default belum terinstall di Ubuntu Server, untuk instalasinya jelas tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get install iptraf

setelah sukses terinstall untuk menggunakannya anda cukup menjalankan perintah:

 sudo iptraf

jika berhasil, anda akan disuguhi tampilan iptraf seperti berikut:


kemudian silakan tekan tombol ENTER, untuk melanjutkan ke menu berikutnya di bawah:


dari situ anda bisa memilih apa yang ingin di monitor, disitu saya memilih menu IP Traffic Monitor, jadi saya akan memonitoring siapa saja yang melakukan koneksi di dalam server berdasarkan alamat IP:


pada menu selanjutnya di aplikasi iptraf, saya bisa memilih akan memonitor koneksi dari seluruh kartu jaringan atau salah satu kartu jaringan yang terpasang di mesin Ubuntu Server saya. Misal saya memilih salah satu kartu jaringan (eth0), maka tampilannya seperti berikut:


dari gambar di atas terlihat bahwa alamat yang melakukan koneksi ke dalam Ubuntu server (192.168.0.250) adalah komputer dengan alamat 192.168.0.1. Komputer dengan alamat 192.168.0.1 tersebut melakukan 2 koneksi yaitu koneksi SSH dengan port 22 dan koneksi SAMBA dengan port 445. Untuk keluar dari aplikasi iptraf kita tinggal memencet tombol Q.

Tertarik mencoba? Semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung.



Monitoring koneksi jaringan real time menggunakan iptraf di Ubuntu Server Monitoring koneksi jaringan real time menggunakan iptraf di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on February 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.