Cara melihat database MySQL tanpa login ke shell di terminal Ubuntu Server


Saya baru tahu kalau perintah query bisa dilakukan tanpa harus melalui login ke shell MySQL. Cara ini saya lakukan di terminal Ubuntu Server dan saya kurang tahu apabila di lain sistem operasi. Kelemahan perintah ini jika dijalankan hanya dalam satu langkah adalah password user akan terlihat jelas (kasat mata) dibanding ketika saya masuk ke dalam shell MySQL. Berikut penjelasannya agar terlihat gambaran yang saya maksud:

Ini adalah cara yang lama (perintah) yang biasanya saya gunakan untuk masuk ke dalam shell MySQL lewat terminal:

 mysql -u root -p

kemudian saya masukkan passwordnya, baru saya bisa masuk ke shell server MySQL seperti yang terlihat di bawah ini:


anda tidak melihat password yang saya masukkan dari gambar di atas bukan? Nha berikut perbedaan ketika saya melakukan query tanpa harus login ke shell MySQL. Misal saya ingin melihat database apa saja yang ada di dalam server MySQL, maka saya menjalankan perintah:

 SHOW DATABASES;

jika tanpa login, maka perintahnya menjadi:

 mysql -u root --password=root -e 'SHOW DATABASES;'

hasilnya seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini:


dari gambar di atas sudah membuktikan bahwa kita bisa melihat database dalam server MySQL tanpa harus login, hanya saja kekurangannya adalah password user yang digunakan untuk otentikasi terlihat secara kasat mata.

Kalau tidak ingin passwordnya terlihat bagaimana? apakah bisa? Oh bisa saja, anda tinggal menjalankan perintah berikut:

 mysql -u root -p -e 'SHOW DATABASES;'

hasilnya seperti berikut:


lebih aman kan dibanding sebelumnya (password tidak terlihat), tetapi kita harus melalui 2 langkah, karena ada inputan password yang harus dimasukkan untuk otentikasi, tidak seperti perintah sebelumnya yang menggunakan satu langkah saja (tetapi password terlihat secara kasat mata).

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Comments