Membatasi hak akses login SSH di Ubuntu Server


Tutorial ini akan membahas bagaimana memberikan hak akses SSH pada user yang diberi hak akses. Perlu anda ketahui, bahwa secara default, apabila kita membuat user baru di dalam system Ubuntu maka secara otomatis user tersebut juga dapat masuk ke dalam system secara langsung atau lewat remote (SSH). Untuk itu di tutorial ini saya akan bahas pembatasan login SSH tersebut jadi tidak semua user yang dibuat di system dapat login melalui remote (SSH). Misalkan saya memiliki 2 user di dalam Ubuntu Server yaitu:
  • Ubuntu
  • Akili
kemudian saya hanya ingin user ubuntu saja yang dapat masuk ke dalam system via SSH, maka yang akan saya lakukan adalah membuka konfigurasi sshd_config menggunakan perintah:

 sudo vim /etc/ssh/sshd_config

lalu saya menambahkan konfigurasi di bawah ini:

 AllowUsers ubuntu

agar hanya user ubuntu saja yang dapat masuk secara remote melalui layanan SSH. Agar perubahan konfigurasi tersebut aktif saya harus merestart layanan SSH dengan perintah:

 sudo service ssh restart

kemudian akan saya coba remote login dengan user ubuntu dan akili, berikut hasilnya:

Login dengan user ubuntu:


dari hasil screenshoot di atas saya berhasil login ke dalam system secara remote dengan user ubuntu, ketika saya coba login dengan user akili:


akses saya di tolak (denied). Lalu bagaimana agar user akili juga diberikan akses remote login? Saya buka lagi konfigurasi sshd_config dengan perintah:

 sudo vim /etc/ssh/sshd_config

lalu saya menambahkan user akili di konfigurasi di bawah ini:

 AllowUsers ubuntu akili

Agar perubahan konfigurasi tersebut aktif saya harus merestart layanan SSH dengan perintah:

 sudo service ssh restart

kemudian saya mencoba login dengan user akili, maka hasilnya seperti di bawah ini:


User akili sudah bisa saya gunakan untuk remote login ke dalam Ubuntu Server lewat layanan SSH. Selamat mencoba ya :-)
Membatasi hak akses login SSH di Ubuntu Server Membatasi hak akses login SSH di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on January 04, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.