Cara mengubah nama kolom tabel MySQL yang sudah dibuat melalui Ubuntu Terminal


Misalnya saja saya sudah terlanjur membuat sebuah tabel database MySQL, tetapi karena suatu hal saya ingin mengganti salah satau nama kolom yang telah saya buat. Bagaimana caranya? Berikut tutorialnya:

Pertama saya harus masuk dulu ke dalam database MySQL (disini saya menggunakan user root, anda boleh menggunakan user apa saja asalkan dapat mengelola database yang akan anda tuju) menggunakan perintah:

 mysql -u root -p

setelah memasukkan password dan otentikasi berhasil, saya akan masuk ke dalam shell MySQL. Kemudian saya akan memilih database yang akan saya kelolayaitu database belajar dengan menjalankan perintah:

 use belajar;

kemudian tabel database yang akan saya ubah nama kolomnya adalah tabel profile, maka saya harus melihat dulu strukur tabel yang akan saya ubah dengan menjalankan perintah:

 DESCRIBE profile;

maka hasilnya seperti yang terlihat di bawah ini:


kemudian, saya berencana akan mengubah nama kolom email menjadi alamat, maka format perintah yang akan saya jalankan terlihat seperti di bawah ini:

 ALTER TABLE profile 
 CHANGE COLUMN (nama_column_lama) (nama_column_baru) 
 (tipe_data_column_lama);

Perlu anda ketahui juga bahwa ketika melakukan perubahan nama  kolom anda juga harus menyertakan tipe data kolum yang akan anda ubah,

Berdasarkan perintah DESCRIBE profile, saya mengetahui bahwa tipe data kolom email adalah VARCHAR (50) dan bersifat NOT NULL (karena pada kolom NULL berisi nilai NO).

format perintah mengubah nama kolom email menjadi alamat akan terlihat seperti di bawah:

 ALTER TABLE profile 
 CHANGE COLUMN email alamat 
 VARCHAR(50) NOT NULL;


jika perintah tersebut berhasil dijalankan maka hasilnya terlihat seperti di bawah ini:


setelah itu saya akan melihat struktur tabel profile menggunakan perintah:

 DESCRIBE profile;

dan hasilnya adalah:


seperti yang anda bisa lihat di atas, bahwa kolom email sudah berubah nama menjadi kolom alamat.Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Cara mengubah nama kolom tabel MySQL yang sudah dibuat melalui Ubuntu Terminal Cara mengubah nama kolom tabel MySQL yang sudah dibuat melalui Ubuntu Terminal Reviewed by Himawan Mahardianto on January 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.