Tutorial virtualbox: Cara menghubungkan koneksi antar virtual host pada virtual box

Jika di postingan sebelumnya saya membuat tutorial untuk menghubungkan master host dan virtual host di dalam lingkungan virtual box, maka di tutorial kali ini saya ingin menuliskan cara menghubungkan koneksi antar virtual host yang dibuat di dalam virtual box. Tutorial ini sebenarnya mirip, tetapi akan saya per jelas disini.

Sebagai skenarionya, saya memiliki 2 buah virtual host yang terdiri dari:

  • MySQL Master (Sistem Operasi Ubuntu Server 14.04.5 LTS)
  • MySQL Slave (Sistem Operasi Ubuntu Server 14.04.5 LTS)

kemudian saya ingin menghubungkan kedua virtual host tersebut melalui jaringan, maka saya akan melakukan konfigurasi terlebih dahulu pada MySQL Master, berikut langkah-langkahnya:

Saya buka aplikasi virtual box, dimana disana sudah tersedia kedua virtual host tersebut, lalu saya memilih MySQL Master terlebih dahulu, seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini:


kemudian klik setting sehingga muncul tampilan di bawah ini:



lalu saya memilih menu Network dan pilih tab Adapter 2 seperti yang saya tandai pake warna merah. Setelah itu akan muncul menu seperti di bawah ini:


Langkah selanjutnya saya menyesuaikan setting adapter 2 seperti di bawah ini:


bagian MAC Address memang saya tutupi, karena akan berbeda dengan milik anda. MAC Address tersebut akan dibuat (generate) oleh aplikasi virtualbox sehingga akan berbeda satu dengan yang lain. Setelah itu, klik OK untuk menyimpannya.

Setelah selesai konfigurasi Virtual Host dengan nama MySQL Master maka langkah selanjutnya adalah konfigurasi Virtual Host dengan nama MySQL Slave:

Pertama saya memilih MySQL Slave pada aplikasi virtual box seperti pada gambar di bawah ini:



Setelah itu saya mengeklik menu setting, sehingga muncul tampilan windows seperti di bawah ini:


Saya pilih menu Network, lalu saya memilih Tab Adapter 2, sehingga muncul opsi seperti di bawah ini:


setelah itu saya menyesuaikan konfigurasi adapter 2 pada virtual box sehingga terlihat seperti di bawah ini:


kemudian klik OK untuk menyimpan konfigurasi, setelah itu saya menyalakan MySQL Master dan MySQL Slave. Setelah berhasil nyala saya Login ke salah satu virtual host (MySQL Slave). Setelah itu saya mencoba melakukan konfigurasi eth1 dengan menjalankan perintah:

 sudo ifconfig eth1 192.168.56.35/24

perintah di atas akan memberikan eth1 dengan alamat IP 192.168.56.35 dengan netmask 255.255.255.0. Untuk mengecek hasilnya saya menjalankan perintah di bawah:

 sudo ifconfig eth1

perlu anda ketahui, bahwa  adapter 2 pada virtual hst yang tadi saya setting, akan terdeteksi sebagai eth1 di dalam Virtual Host bersistem operasi Ubuntu Server, sehingga hasil perintah diatas terlihat seperti di bawah ini:


jika pada Inet Addr sudah muncul alamat IP 192.168.56.35 dan Mask: 255.255.255.0 seperti yang saya tandai kuning, maka konfigurasi alamat IP pada MySQL Slave berhasil dilakukan. Sekarang saya akan melakukan konfigurasi pada MySQL Master.

Setelah login, saya menjalankan perintah:

 sudo ifconfig eth1 192.168.56.25/24

untuk melakukan konfigurasi alamat IP 192.168.56.25 dengan netmask 255.255.255.0 pada MySQL Master. Untuk mengecek hasil konfigurasi tersebut, saya menjalankan perintah di bawah ini pada MySQL Master:

 sudo ifconfig eth1

hasil dari perintah di atas pada MySQL Master adalah:


jika terdapat alamat 192.168.56.25 dan mask 255.255.255.0 seperti di atas, maka konfigurasi yang saya lakukan pada MySQL Master berhasil dilakukan. Langkah selanjutnya adalah melakukan cek koneksi antara MySQL Master dengan MySQL Slave dengan menjalankan perintah:

 ping 192.168.56.25

dan

 ping 192.168.56.35

dari hasil perintah tersebut maka apabila MySQL Master dan MySQL Slave berhasil terkoneksi hasilnya seperti di bawah ini:


setiap perintah yang dijalankan akan memberikan hasil REPLY seperti gambar di atas. Mudah bukan menghubungkan antara virtual host di dalam aplikasi virtualbox.
Tutorial virtualbox: Cara menghubungkan koneksi antar virtual host pada virtual box Tutorial virtualbox: Cara menghubungkan koneksi antar virtual host pada virtual box Reviewed by Himawan Mahardianto on December 29, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.