Cara menambah user repository SVN Server di Ubuntu server

 

Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana menambahkan user baru untuk akses ke dalam repository SVN server. Melanjutkan tutorial sebelumnya, bahwa sudah terdapat user himawan yang dapat mengakses repository SVN dengan nama myproject. Maka kali ini saya akan menambahkan user peter agar bisa mengakses repository myproject.

Perlu anda ketahui, melalui tutorial sebelumnya, seluruh nama user dan password yang dapat digunakan untuk mengakses repository myproject disimpan di file /etc/subversion/passwd . Untuk melihat user siapa saja yang diberi hak akses repository myproject anda dapat menjalankan perintah:

sudo cat /etc/subversion/passwd

maka hasilnya terlihat seperti di bawah ini:


dari hasilnya terlihat bahwa hanya user himawan yang terdaftar dan bisa mengakses repository myproject di SVN server. Untuk menambah user dengan nama peter, maka anda bisa menjalankan perintah:

sudo htpasswd /etc/subversion/passwd peter

hasil perintah tersebut terlihat seperti di bawah:


anda bisa memasukkan password yang anda mau dan verifikasinya, setelah itu silakan cek di file /etc/subversion/passwd apakah benar user peter sudah ditambahkan melalui perintah:

sudo cat /etc/subversion/passwd

berikut tampilan hasilnya:


berdasarkan gambar di atas, terlihat bahwa user peter telah berhasil ditambahkan, kemudian kita coba akses server SVN melalui browser dengan user peter melalui URL:

http://alamat_svn_server/svn/myproject

Info: alamat SVN server milik saya berada di alamat IP 192.168.0.254

kemudian masukkan user dan password dengan nama peter seperti yang terlihat seperti gambar di bawah:


maka jika user peter berhasil diotentikasi, anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:


mudah bukan menambah user untuk akses di salaa satu repository di SVN server. selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Cara menambah user repository SVN Server di Ubuntu server Cara menambah user repository SVN Server di Ubuntu server Reviewed by Himawan Mahardianto on December 20, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.