Cara membuat repository lokal lewat SVN client di Windows

 
Jika tutorial sebelumnya saya menuliskan tentang cara membuat repository lokal yang terhubung dengan SVN server, maka di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan sinkronisasi atau upload data dari repository lokal ke repository SVN server, berikut langkah-langkahnya:

Sebelumnya saya memastikan dulu bahwa belum ada perubahan apapun di SVN server dengan mengaksesnya lewat browser, alamat repository di SVN server milik saya ada di http://192.168.0.254/svn/myproject/ 

berikut hasilnya ketika saya akses lewat browser:


anda bisa lihat dari tampilan di atas bahwa tidak ada file apapun disana di repository SVN server dan belum terjadi revisi karena nilainya masih 0. Kemudian saya buat sebuah file text kosong yang saya taruh di repository lokal (folder myproject) seperti di bawah ini:



jika belum tersinkronisasi dengan SVN server, maka tampilan file di repository lokal akan ada tanda tanya seperti tampilan di atas.

Untuk mengupload data dari repository lokal ke repository SVN server (sinkronisasi) maka yang saya lakukan adalah melakukan klik kanan pada folder repository lokal saya, sehingga muncul menu seperti tampilan di bawah:


kemudian saya pilih menu SVN commit, sehingga muncul jendela konfirmasi seperti di bawah ini:


saya masukkan keterangan apa yang saya lakukan pada form message, dan saya centang data yang akan saya upload di SVN server, setelah itu silakan klik OK. Jika berhasil, akan muncul tampilan seperti di bawha ini:

Setelah itu klik OK untuk menutup jendela konfirmasi, kemudian saya akan melihat data repository SVN server melalui browser maka akan terlihat perubahannya seperti di bawah ini:


disitu anda melihat bahwa data text yang tadi saya buat di repository lokal sudah tercatat di repository SVN server. ada catatan juga pada nilai revisi sudah berubah dari 0 ke 1. Jika dilihat di repository lokal, file yang tadi ada icon tanda tanya, sudah berubah seperti di bawah ini:


jika terlihat seperti gambar di atas, itu berarti file tersebut sudah tercatat di SVN server. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung
Cara membuat repository lokal lewat SVN client di Windows Cara membuat repository lokal lewat SVN client di Windows Reviewed by Himawan Mahardianto on December 21, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.