Cara konfigurasi virtual box untuk menghubungkan Master Host Windows dengan Virtual Host


Tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana menghubungkan koneksi antara Virtual Host dengan Master Host pada aplikasi VirtualBox. Siapakah yang berperan sebagai Master Host? Master Host adalah host yang diinstall aplikasi Virtual Box. Host yang saya gunakan sebagai Master Host menggunakan sistem operasi Windows 10. Sedangkan virtual host adalah host yang di buat dan dijalankan melalui aplikasi virtual box. Virtual host yang dibuat menggunakan sistem operasi Ubuntu Server 14.04.LTS. Kegunaan koneksi yang terhubung antara virtual host dengan master host adalah agar master host dan virtual host dapat saling berkomunikasi  melalui kabel LAN (virtual). Bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya:

Pertama saya mengkonfigurasi alamat IP di Master Host dengan melalui aplikasi windows setting pada Windows 10 seperti di bawah ini:

kemudian silakan klik pada icon Network & Internet, kemudian akan muncul window di bawah ini:



pilih menu Change Adapter Options seperti yang saya lingkari merah, kemudian akan muncul menu berikutnya seperti di bawah ini:



lalu klik kanan pada bagian VirtualBox Host-Only Adapter, lalu pilih properties, sehingga hasilnya akan muncul window berikut di bawah ini:


pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik tombol properties, kemudian akan muncul window berikutnya:


pada ip address saya isi 192.168.56.254 dengan subnet mask 255.255.255.0 , lalu saya klik OK. Yap Selesai setting di Master Host, sekarang berlanjut setting di Virtual Host. Pertama buka aplikasi Virtual box, kemudian saya memilih salah satu host yang ada di sebelah kiri. Pada tutorial ini saya memilih host virtual dengan nama MySQL Master seperti pada gambar di bawah ini:


kemudian saya klik setting di menu atas, lalu akan muncul window berikut:


kemudian saya klik menu Network, lalu saya memilih tab Adapter 2 (sesuai yang saya kasih tanda merah), kemudian akan terlihat menu berikut:


 setelah itu sesuaikan settingan adapter 2 dari tampilan di atas, menjadi seperti di bawah ini:


pada bagian Mac Address memang saya tutupi, karena secara otomatis aplikasi virtual box akan menggenerate secara acak, jadi setiap mac address tidak akan sama. Setelah itu klik OK untuk menyimpannya.

Virtual Host yang saya gunakan pada host MySQL Master adalah Ubuntu Server 14.04. Setelah saya nyalakan dan login ke dalamnya, saya menjalankan perintah:

 sudo ifconfig

hasilnya adalah seperti di bawah:


eth0 yang terlihat di atas adalah adapter yang telah aktif sebelumnya, sedangkan adapter Host-Only yang barusan diaktifkan belum terlihat disini, untuk melihatnya saya menjalankan perintah:

 sudo ifconfig -a

hasilnya terlihat seperti berikut:


dari hasil tersebut, saya dapat melihat bahwa adapter Host-Only yang tadi saya tambahkan ada di eth1 dan belum aktif. Untuk mengaktifkannya sekaligus memberi alamat IP 192.168.56.25 dengan netmask 255.255.255.0 (dibuat satu network dengan alamat IP Master Host), saya menjalankan perintah:

 sudo ifconfig eth1 192.168.56.25/24

sehingga ketika saya menjalankan perintah di bawah ini untuk mengecek alamat IP:

 sudo ifconfig eth1

hasilnya terlihat seperti di bawah:


dari situ saya berhasil melakukan konfigurasi alamat IP pada Host Only Adapter. Kemudian langkah selanjutnya adalah, saya melakukan test komunikasi antara Virtual Host (192.168.56.25) ke Master Host (192.168.56.254) dengan aplikasi ping di virtual host:

 ping 192.168.56.254

maka hasilnya adalah:


terlihat ada REPLY dari Master Host yang terlihat disitu, jika saya melakukan test sebaliknya dengan melakukan ping dari Master Host ke Virtual Host melalui command prompt, maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah:


dari gambar di atas, terlihat ada REPLY juga dari Virtual Host, berarti komunikasi antara Master Host dan Virtual Host telah terjalin disini. Selamat mencoba ya.
Cara konfigurasi virtual box untuk menghubungkan Master Host Windows dengan Virtual Host Cara konfigurasi virtual box untuk menghubungkan Master Host Windows dengan Virtual Host Reviewed by Himawan Mahardianto on December 27, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.