Cara mengetahui ukuran file atau folder di terminal linux Ubuntu



Di kesempatan kali ini saya akan membahas tips sederhana bagaimana cara mengetahui ukuran suatu file atau folder di terminal pada Ubuntu Server. Jika pada ubuntu desktop, anda tinggal memilih folder mana atau file mana yang ingin anda ketahui, lalu klik kanan dan pilh menu properties. Lalu bagaimana jika di terminal, yang notabene anda tidak dapat menggunakan menu klik kanan pada mouse? Begini caranya:

Silakan buka terminal, misalnya saja saya memiliki file di dalam folder download yang tertelak di lokasi /home/himawan/Desktop/Download/ lalu saya ingin mengetahui berapa ukuran tiap-tiap file di dalam folder tersebut, saya tinggal menjalankan perintah:

 ls -lh /home/himawan/Desktop/Download/

maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:


anda dapat melihat bahwa setiap file memiliki besarannya masing-masing seperti file Openstack Trove memiliki besaran 5.4 Megabyte seperti yang terlihat pada gambar. Jika isi file tersebut ada banyak dan anda hanya ingin melihat satu file saja, anda bisa menggunakan perintah:

 ls -lh [nama_file]

misalnya saya ingin mengetahui ukuran file "Openstack Trove.pdf" maka saya menjalankan perintah:

 ls -lh /home/himawanDesktop/Download/Openstack\ Trove.pdf

sehingga seperti yang terlihat pada hasil di bawah ini:
 

hasilnya yang terlihat ya hanya satu file saja, lalu bagimana jika saya ingin melihat ukuran kapasitas yang digunakan suatu folder lewat terminal? Anda cukup menjalankan perintah dengan format seperti di bawah:

 du -ch [nama_lokasi_folder] | grep total

misalnya saya ingin melihat ukuran kapasitas yang digunakan folder Download tadi, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 du -ch /home/himawan/Desktop/Download/ |grep total

maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


dari hasil pada gambar di atas terlihat bahwa folder Download memiliki ukuran sebesar 945 Megabyte dengan seluruh isinya.

Atau bisa juga dengan perintah:

 du -sh /home/himawan/Desktop/Download/

sehingga hasilnya terlihat speerti di bawah ini:



Mudah bukan, semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung :-)

Baca Juga:



Cara mengetahui ukuran file atau folder di terminal linux Ubuntu Cara mengetahui ukuran file atau folder di terminal linux Ubuntu Reviewed by Himawan Mahardianto on October 09, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.