Recovery password root MySQL Server 5.7 di Ubuntu Server


Mungkin ada kalanya kita bisa saja melupakan password root server database MySQL (walaupun itu fatal) :P , atau bisa juga dikarenakan server MySQL tersebut merupakan warisan database admin sebelumnya (yang belum sempat mewariskan akun-nya kepada kita). Lalu cara mengetahuinya bagaimana? Hanya Tuhan dan admin sebelumnya yang tau, ha ha ha, tenang saja tanpa mengetahui password sebelumnyapun kita bisa melakukan recovery password alias menggantinya secara paksa asalkan kita bisa masuk ke dalam server tersebut dan memiliki akses root system (bukan root user di mysql database server) di dalamnya. Berikut langkah-langkah recovery password server MySQL di Ubuntu Server.


Sebagai informasi, database MySQL server yang saya gunakan adalah versi 5.7.xx , ada kemungkinan cara ini tidak berhasil jika digunakan di MySQL server versi sebelumnya dikarenakan ada beberapa struktur tabel yang mungkin berbeda dengan versi sebelumnya.

Pertama-tama silakan masuk ke dalam system operasi Ubuntu anda dan matikan service database mysql dengan menjalankan perintah:

 sudo service mysql stop

kemudian lihat statusnya apakah service mysql server sudah berhenti dengan menjalankan perintah:

 sudo service mysql status

jika berhasil, maka akan terlihat seperti di tampilan di bawah ini:



setelah itu, silakan jalankan layanan mysql server pada mode safe dengan opsi --skip-grant-tables sehingga perintahnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:

 sudo mysqld_safe --skip-grant-tables

jika berhasil dijalankan maka akan terlihat log nya seperti pada tampilan di bawah ini:


setelah itu, silakan masuk ke mysql server melalui screen yang lain (menggunakan CTRL + ALT F2 atau bisa membuka koneksi baru untuk masuk ke dalam server) lalu jalankan perintah:

 mysql -u root -p

silakan enter tanpa memasukkan password apapun, maka anda akan masuk ke dalam shell mysql sebagai root, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

silakan gunakan database mysql dengan menjalankan perintah:

 use mysql;

kemudian jalankan update password dengan perintah:

 UPDATE `user` SET `authentication_string` = PASSWORD('masukkan password anda di antara tanda petik disini') WHERE `user`='root';

kemudian jalankan perintah:

 FLUSH PRIVILEGES;

kemudian silakan keluar dari shell mysql dengan perintah:

 quit;

langkah-langkah di atas yang barusan dijalankan akan terlihat seperti pada tampilan di bawah jika tidak ada pesan error yang keluar:



setelah itu, silakan matikan PID (Process ID) yang menjalankan service server mysql pada safe mode melalui perintah kill, dengan sebelumnya menjalankan perintah:

 ps aux |grep mysql

untuk melihat PID-nya kemudian jalankan perintahdengan format:

 sudo kill -9 

perintah "ps aux |grep mysql" di komputer saya menghasilkan output seperti pada gambar di bawah ini:




dari situ saya mendapatkan PID mysql server sebanyak 3 buah yaitu 17327, 17328 dan 17701 lalu saya menjalankan perintah:

 sudo kill -9 17327 17328 17701


setelah itu saya menjalankan perintah untuk mengaktifkan kembali layanan mysql server dengan perintah:

 sudo service mysql start

jangan lupa setelah itu silakan lihat statusnya dengan menjalankan perintah:

 sudo service mysql status

apabila service mysql server telah aktif akan keluar output tampilan seperti pada gambar di bawah ini:



setelah itu silakan coba kembali masuk ke dalam shell mysql server dengan perintah:

 mysql -u root -p

masukkan password baru yang tadi telah masukkan, dan hasilnya anda akan masuk ke dalam shell mysql server dengan password baru seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


mudah bukan melakukan recovery password mysql server, silakan mencoba dan jangan sampai lupa lagi ya. Terima kasih telah berkunjung dan semoga membantu.
Recovery password root MySQL Server 5.7 di Ubuntu Server Recovery password root MySQL Server 5.7 di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on September 09, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.