Cara membuat database MySQL dan menghapus database MySQL dengan PHPMyAdmin


Jika pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan sekilas tentang apa itu PHPMyAdmin, di tutorial kali ini saya ingin menulis tentang bagaimana caranya membuat database MySQL dan bagaimana caranya menghapus database MySQL menggunakan PHPMyAdmin. Tool-tool yang disediakan PHPMyAdmin menurut saya sangatlah user friendly sehingga bisa dikatakan sangat mudah untuk mengelola database server MySQL melalui antarmuka tersebut. Mari kita langsung praktek bagaimana membuat dan menghapus database MySQL tersebut:

Begini cara membuat database di dalam server database MySQL:

Pertama buka halaman login PHPMyAdmin dengan menuliskan alamat aplikasi PHPMyAdmin melalui browser anda dan ketik alamatnya dengan format:

 http://alamat_ip_atau_domain/phpmyadmin/

maka akan muncul halaman login seperti pada gambar di bawah ini:

tampilan di atas adalah tampilan aplikasi PHPMyAdmin milik saya. Tampilan aplikasi PHPMyadmin milik anda juga tidak akan jauh berbeda. silakan masuk dan anda akan mendapati tampilan dashboard seperti pada gambar di bawah ini:


untuk membuat database MySQL anda bisa masuk ke dalam menu database dari tab database di atas, seperti pada gambar di bawah ini:


Setelah masuk akan terlihat menu seperti pada gambar di bawah ini:


disitu anda dapat melihat database-database yang telah ada di dalam server database MySQL. Untuk membuat database baru di dalam server MySQL anda bisa menggunakan menu di atas list database tersebut, seperti yang saya tunjukkan pada gambar di bawah ini:


tulis nama database yang akan anda buat (saya menulis database dengan nama "website"), lalu klik create, secara otomatis anda akan di arahkan ke halaman pengelolaan tabel di dalam database yang barusan anda buat seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:


karena setelah membuat database baru, langkah selanjutnya adalah membuat tabel, tabel tersebut berisi baris (row) yang nanti diisi data-data yang disimpan di dalam database. Satu database bisa berisi beberapa tabel sekaligus yang saling terkait atau tidak berhubungan sama sekali antara tabel yang satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas itu terlihat bahwa belum satupun tabel dibuat di dalam database. Selain itu coba anda perhatikan jendela sebelah kiri terlihat bahwa database "website" yang barusan saya buat, tertampil disitu seperti pada gambar di bawah ini:


Jika anda perhatikan maka pada tab di atas akan terlihat menu-menu untuk mengelola database dengan nama "website" yang saya buat barusan seperti pada gambar di bawah ini:


Silakan klik menu home, untuk kembali ke halaman utama dari menu yang terlihat pada gambar di bawah ini:

 

kemudian klik tab database lagi di bagian atas, maka akan terlihat list database yang ada dan silakan perhatikan pada bagian bawah, maka akan terlihat database dengan nama website karena tadi sudah saya "create" seperti pada gambar di bawah ini:


anda bisa lihat bagian bawah tabel yang saya beri centang, itu adalah database dengan nama "website" yang saya buat dengan PHPMyAdmin. 

Cara menghapus database MySQL:

Melalui menu yang tertampil di atas tersebut anda juga dapat menghapus database yang telah tersimpan di dalam server MySQL, silakan klik icon Drop yang terlihat di bawah tabel setelah anda memilih dengan cara memberi tanda centang pada database yang ingin anda hapus. Mudah bukan mengelola database server MySQL dengan PHPMyAdmin? pada kesempatan yang lain akan saya bahas cara membuat tabel untuk menyimpan data di dalam server database MySQL.

Cara membuat database MySQL dan menghapus database MySQL dengan PHPMyAdmin Cara membuat database MySQL dan menghapus database MySQL dengan PHPMyAdmin Reviewed by Himawan Mahardianto on March 29, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.